Tim Trauma Center Garda Bangsa Jatim Turun ke Sampang

Portaltiga.com, SURABAYA – Tim Trauma Center dari Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Garda Bangsa Jawa Timur diturunkan di daerah bencana banjir Kabupaten Sampang. Banjir yang merendam 6 desa, dan 7 kelurahan ini mengakibatkan 11 ribu orang lebih terdampak. Baik itu secara materi maupun traumatik bagi korban bencana banjir.

Ketua DKW Garda Bangsa Jatim, Kabil Mubarok, mengatakan, selain memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan sembako. Ormas kepemudaan dari PKB Jawa Timur ini mengirimkan Tim Trauma Center bagi korban bencana alam. Tim akan bekerja secara bertahap masuk ke daerah berdampak dengan melakukan pendekatan langsung ke korban.

“Tim merupakan kader sendiri, karena kita punya potensi disana, dan mereka memulihkan traumatik korban bencana, apalagi anak – anak yang melekat dalam ingatan soal dasyatnya kemarin,” katanya, Kamis (03/03/2016).

Sebanyak 25 Tim Trauma Center gabungan dari DKW Garda Bangsa Jatim, DKC Garda Bangsa Sampang, dan DKC Garda Bangsa Bangkalan diturunkan  ke jalan Haji Gunung, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang Kota berinteraksi secara langsung dengan korban bencana. Untuk memulihkan trauma, anak Рanak diajak bermain dan belajar bersama.

Sementara, Ketua Garda Siaga Bencana Jatim, Chusainudin, menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi di Jatim, Garda Bangsa kerahkan seluruh personil di masing – masing DKC. Setiap DKC, personil yang disiapkan sebanyak 30 orang.

“Kita siagakan di masing – masing daerah, khususnya di daerah rawan bencana,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada banjir Sampang, DKW Garda Bangsa Jatim mengirimkan bantuan ke korban banjir , diantaranya, 500 kardus mie instan, 1000 makanan siap saji, 500 paket sembako, dan 300 paket alat tulis.

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION