portaltiga.com
Headline Olah Raga

Tim Futsal Jatim Optimistis Lolos ke PON 2020

Portaltiga.com-Tim Futtsal Jawa Timur (Jatim) percaya diri menyambut kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Babak pra PON akan dihelat di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, 16-18 Desember 2019.

Tak seperti daeral lainnya, tim futsal Jatim baru melakukan persiapan selama kurang lebih tiga buan. Mereka baru menggelar seleksi di Malang pada pertengahan September 2019. Pemain hasil seleksi mulai berlatih bersama sejak Oktober kemarin.

Pelatih tim fusal Jatim, Eko M Purbo mengatakan bahwa persiapan timnya sudah mendekati 100 persen. Pelatih asal Sidoarjo ini berhadap skuadnya bisa mencapai peak performace pada kualifikasi PON di Sumedang nanti.

Kendalanya mungkin masalah kuota pemain yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Tahun ini kuotanya hanya 14 pemain, dan hanya 12 di antaranya yang masuk line up. Sedangkan kouta di pra PON sebelumnya adalah 18 pemain, dan 16 masuk line up.

“Kami sudah mencoret beberapa pemain. Kini pemain kami tinggal 15 pemain. Semuanya akan dibawa ke Jatinangor,” ujar Eko, Rabu (11/12/2019) siang.

Bergabung di Grup D, tim futsal Jatim akan berhadapan dengan DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Jogjakarta. Dari ketiga tim itu, Jakarta dan Jateng layak disebut sebagai rival terberat. Sebab, mayoritas pemain Jakarta dan Jateng bermain di Pro Futsal League.

Jateng misalnya. Mayoritas skuadnya bergabung di salah satu tim profesional, yakni BJL 2000 Semarang. Sementara pemain Jakarta tersebar di dua tim profesional asal ibu kota, yaitu Cosmo FC, dan Halus FC.

Sementara dari 15 pemeian tim futsal Jatim, hanya dua orang yang bergabung dengan tim profesional. Itu pun bukan pemain reguler. Sisanya adalah pemain hasil penjaringan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), dan event-event lainnya.

Eko menjelaskan, hanya satu tim dari masing-masing grup yang lolos ke PON 2020. Situasi ini membuat peta persaingan semakin sengit. Walaupun demikian, Eko optimistis dengan kemampuan, dan daya juang anak asuhnya.

“Kami berusaha maksimal dengan persiapan yang mepet, dan pemain yang belum terlalu banyak pengalaman. Kami bertekad lolos ke PON Papua,” tegasnya.(tbk/abi)

Related posts

Gelorakan Spirit Sumpah Pemuda, Partai Golkar Latih Tanding Futsal Dengan Wartawan

admin

DPRD Jatim Dukung PON 2 Tempat Agar Tak Ada Pencoretan Cabor

admin

Peringati Kesaktian Pancasila, SD Muhammadiyah 4 Tanding Futsal Lawan Wartawan

admin