portaltiga.com
Kabar Kita

Tim Dosen Dan Mahasiswa Lakukan Pendampingan Teknologi Ke Anak-Anak Asuh

Portaltiga.com – Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Sains Data, Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran”  Jawa Timur melakukan pendampingan penggunaan teknologi. Pandampingan dilakukan kepada anak-anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah, Medokan Ayu, Surabaya.

Mereka yang terlibat dalam tim pendampingan diantaranya Kartika Maulida Hindrayani, Anita Wulansari, Ahmad ArdhyAnsyah, Ahmad Adiib Aminullah, dan Aisha SafaAsy’ari. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 25 Juli dan 1 Agustus 2021.

Menurut Ketua tim, Kartika, kegiatan semacam ini rutin diadakan sekaligus juga sebagai pelaksanaan salah satu tridarma peguruan inggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

”Sebagai perguruan tinggi, tugas utama UPN “Veteran” Jatim adalah melaksanakan tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program yang kami ikuti adalah Pemanfaatan IPTEKS bagi Masyarakat (Pikat),” ujar Kartika.

Kegiatan Pikat di Panti Asuhan Muhammadiyah kali ini mengambil tema Internet Sehat, yaitu penyuluhan konten edukasi, hiburan dan aplikasi screen time.

Tema ini dipilih lantaran pesatnya perkembangan teknologi dan beragamnya informasi yang ada di internet harus diimbangi dengan sikap bijak dalam memanfaatkannya. Terlebih lagi, ujar Kartika, anak-anak usia remaja yang terkadang masih belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuk mereka.

“Kan gak semua yang ada di sana itu baik. Banyak juga konten-konten yang kurang mendidik, gak bermanfaat, hoaks atau bahkan tidak layak ditonton. Anak-anak kan sukanya nonton apa-apa yang lagi viral, trus ikut-ikutan padahal itu belum tentu baik.  Maka dari itu, mereka perlu diarahkan dan diberi informasi konten-konten apa saja yang bermanfaat buat mereka”, jelas Kartika.

Ada hal menarik yang ditemukan tim yaitu anak-anak suka menonton konten ‘Mukbang’ atau ‘Moekbang’, yaitu vlog saat sedang memakan. Selain penyuluhan konten positif, anak-anak juga diminta untuk menginstal aplikasi screen-time pada handphone mereka.

Menurut Kartika, hal ini berguna agar mereka dan para pengasuh dapat memantau berapa lama waktu yang dihabiskan dalam menggunakan gadget. Aplikasi yang diinstal adalah aplikasi yang bisa diunduh dan dipakai secara gratis.
Kegiatan ini mendapat apresiasi yang baik dari pengurus panti asuhan. Anak-anak asuh terlihat antusias dan terlibat aktif

saat pelaksanaan kegiatan, Suprapto selaku Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Medokan Ayu juga mengharapkan kegiatan semacam ini tidak hanya sekali ini saja dan dapat membahas mengenai topik-topik lain. (tea/tea)