Ternyata Ini Lho Manfaat Kumis dan Jenggot

Portaltiga.com – Sebagian besar cewek selalu menyukai cowok yang berpenampilan rapi dan bersih. Entah itu perihal wajah atau dandanannya. Sementara itu, ada beberapa cewek yang nggak terlalu tertarik dengan cowok yang berpenampilan urakan, seperti rambut gondrong, kumis dan jenggot yang menghiasi wajah, dan sebagainya.

Terlepas dari pilihan itu, sebenarnya cowok yang memelihara kumis dan jenggot itu memiliki keuntungan tersendiri loh. Khususnya bagi kesehatan!

Nah, daripada nurutin cewekmu buat cukur jenggot, mending kamu baca dulu manfaat yang bisa kamu dapat ketika membiarkan kumis dan jenggotmu terpelihara dengan baik.

Hasil cukuranmu akan menimbulkan penyakit kulit alias ruam. Meski nggak terlalu serem, tapi cukup menggangu penampilan.

Pernah nggak kamu melihat bintik-bintik merah seperti jerawat kecil di tempat kumis atau jenggot yang kamu cukur? Itulah ruam atau folikulitis barbae yang muncul akibat pisau cukur yang kamu gunakan. Seberapapun steril pisau yang kamu gunakan, tetap akan muncul ruam di sekitar rambut yang kamu cukur. Hal ini disebabkan adanya bakteri staphylococcus aureus yang menginfeksi kulitmu.

Mencegah jerawat membandel yang memperburuk penampilan. Daripada jerawatan, mending jenggotan!

Menurut dokter kulit, Dr. Adam Friedmann, guru besar dari University College London, jerawat bisa timbul dan menyebabkan komedo hitam setelah mencukur kumis, jenggot, dan cambang.

“Mencukur akan memperparah kondisi kulit orang berjerawat. Apalagi kalau mereka sudah memiliki jerawat parah yang meninggalkan bekas luka,” kata Dr. Adam Friedmann

Kamu bisa rentan terserang alergi yang dihasilkan udara dan debu. Kumis dan jenggotlah yang bisa menyelamatkan sistem pernapasanmu.

Dikutip dari Mirror, Dr. Gill Harta dari Yorktest menyatakan bahwa kumis dan jenggot bisa menyaring debu dan serbuk sari yang masuk melalui hidung ke paru-paru. Makanya, kalau kamu mencukur habis kumis dan jenggotmu, kamu bisa mudah alergi dan bersin-bersin. Dan itu cukup menggangu, bukan?

Buat kamu yang punya riwayat asma, peliharalah kumis, jenggot, dan cambangmu. Selain sehat, kamu juga akan terlihat macho!

Udara dan debu ternyata juga bisa memicu orang untuk terserang asma loh. Nah, cambang di area alat pernapasan ini dipercaya dapat menghentikan penyebab alergi debu yang terhisap hidung dan mulut.

“Secara teoritis, cambang bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernapasan, tapi bentuknya harus lebih besar,” kata Dr. Felix Chua, konsultan sistem pernapasan di London Clinic.

Percaya nggak percaya, bulu-bulu halus di wajah itu ternyata bisa meremajakan muka cowok loh. Awet muda, gitu…

Kumis dan jenggot dipercaya dapat menghindarkan kulit muka dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini juga dapat menunda penuaan dan keriput bagi cowok yang berkumis-jenggot.

“Paparan sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dan kerusakan kulit,” terang Dr. Friedman.

Kumis dan jenggot ternyata juga dapat menurunkan risiko kanker kulit. Paparan sinar matahari cukup bahaya.

Selain bisa menunda penuaan dini, kumis dan jenggot juga bisa mencegah kanker kulit. Seperti yang diungkapkan dalam jurnal proteksi radiasi dari Australia University of Southern Queensland, seenggaknya kumis dan jenggot dapat mencegah kanker kulit hingga 90%, karena menutupi kulit dari sinar matahari secara langsung.

Nah, itulah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memelihara kumis, jenggot, dan cambang di wajahmu. Setelan boleh biasa aja, tapi sepaket ‘kejantanan’ di wajah harus luar biasa…. (hipwee)

JOIN THE DISCUSSION