Headline News

Telan Investasi 2,4 Triliun, Pemkot Surabaya Akan Bangun Angkutan Massal Cepat

05/11/2016
219 Views

Portaltiga.com-Untu memudahkan warga Kota Surabaya melakukan aktifitasnya dan meminimalisir kemacetan, Pemerintah Kota Surabaya akan membangun Angkutan Massal Cepat atau Mass Rapid Transport.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, untuk membangu proyek anggkuta massal cepat di Surabaya dibutuhkan investasi sekitar Rp 2,4 triliun untuk anggkutan trem.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun angkutan massal, yakni Trem sekitar Rp. 2,4 triliun. Namun, pihaknya akan mengevaluasi agar pembiayaannya tak sebesar itu, mungkin deponya kita kurangi.” ujarnya, kepada wartawan usai pertemuan bilateral dengan Kementerian Perhubungan khusus membahas masala angkutan massal, di Swiss Berlin Hotel-Surabaya, Kamis (03/11/16).

Ia menjelaskan, pemerintah Kota Surabaya akan terus berupaya untuk merealisasikan Program Mass Rapid Transpor atau angkutan massal cepat di wilayahnya. Hanya saja, untuk membangun moda transportasi itu masih terkendala masalah pendanaan. bahwa sesuai kesepakatan awal dengan pemerintah pusat pendanaan berasal dari APBN. Namun, kemudian pemerintah pusat mendapatkan tawaran pendanaan dari Jerman.
“Ada loan dari Jerman,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan, Irvan Wahyu Drajat mengaku, skema pembiayaan dari APBN terkendala karena kondisi keuangan. APBN sebesar Rp 155 miliar sudah ready, tapi kekurangannnya apa dari APBN murni atau alternative pembiayaan lainnya

“Sesuai Perjanjian Kerjasama, Pemkot Surabaya melakukan studi amdal lalin, Park and right, dan melakukan relokasi, termasuk menyediakan feeder.”kata Irvan. (Trish)

Leave A Comment