Tekan Biaya Murah, DPRD Dorong Maksimalkan Pengoperasian Tol Gempol-Rembang Pasuruan

Portaltiga.com:Komisi B DPRD Jatim mendorong dioperasikannya jalan tol Gempol-Pasuruan seksi 2 Rembang Pasuruan oleh presiden RI Jokowi beberapa waktu lalu dimaksimalkan. Pasalnya, keberadaannya dinilai mampu mengatasi permasalahan perekonomian di Jatim di kawasan tersebut terlebih dalam menunjang perekonomian dan menambah pemasukan bagi negara.

“ Kami apresiasi penuh pengoperasiannya,”ungkap anggota Komisi B DPRD Jatim Mohammad Alimin saat dikonfirmasi dikantornya,Senin (25/6)

Politisi asal Partai Golkar ini mengatakan keberadaan tol yang selama ini sudah diresmikan dan dioperasikan tentunya bisa menjawab permasalahan perekonomian di Jatim.”Permasalahan lalu lintas yaitu kemacetan dan kecepatan antar tujuan yang ditempuh dan tentunya bisa menunjang penekanan biaya angkut lebih murah,”sambungnya.

Mantan anggota Komisi D DPRD Jatim ini berharap kedepannya, perlu ada peningkatan lagi akses tol di Jatim.” Kami mendukung penuh atas akses-akses tol yang dioperasikan tersebut,”jelasnya.

Sekedar diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi) meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 Rembang-Pasuruan. “Dengan mengucap bismillahirrohmaanirrohim, pada sore ini Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 20,5 kilometer saya nyatakan resmi dibuka,” kata Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Pasuruan, Jumat (22/6/2018).

Pembangunan tol ini diharapkan bisa mendukung pergerakan orang dan barang menjadi lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah. Presiden Jokowi mengatakan, dengan adanya ruas tol tersebut akan memberi dampak ekonomi, khususnya kemudahan akses bagi mobilitas orang maupun distribusi jalur logistik.

Jokowi mengharapkan, nantinya di akhir tahun 2018 nanti ruas tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak hingga Pasuruan bisa beroperasi secara penuh, bahkan nantinya bisa diteruskan ke Banyuwangi hingga akhir 2019 nanti.Tol Seksi 2 Rembang-Pasuruan ini terbentang sepanjang 6,6 kilometer dan merupakan sambungan dari Seksi 1 Gempol-Rembang. Kemudian dilanjutkan dengan Seksi 3 Pasuruan-Probolinggo. Ketiga ruas tol itu total panjangnya 13 kilometer.

Senada dengan Presiden RI Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Tol Gempol-Pasuruan merupakan bagian dari Tol Trans Jawa dengan panjang total 920 kilometer.(RD/Yud)

 

JOIN THE DISCUSSION