portaltiga.com
Umum

Teater Gapus Dan FS3LP Siap Gelar Pidato Kebudayaan Akhir Tahun

Portaltiga.com – Teater Gardu Puisi Surabaya (Gapus) dan Forum Sastra dan Seni Luar Pagar (FS3LP) akan menggelar acara pidato kebudayaan sebagai refleksi terhadap perkembangan kebudayaan di Jawa Timur, Kamis (21/12/2017) mendatang.

Ketua acara Pidato Kebudayaan bertajuk “Kebudayaan Indonesia dalam Pusaran Kebudayaan Dunia”, Nanda Alifya menganggap pentingnya acara pidato kebudayaan untuk mengenal kembali posisi kebudayaan Indonesia di mata Dunia.

“Kami dari Teater Gapus dan FS3LP memandang pentingnya mengenal posisi kebudayaan Indonesia di mata dunia, khususnya di Jawa Timur,” ujarnya saat ditemui di Sanggar Teater Gapus UNAIR kampus B, Senin (18/12/2017).

Acara yang bekerjasama dengan Program studi Magister Kajian Seni Budaya UNair dan Penerbit Airlangga University Press (AUP) akan diisi oleh pidato kebudayaan dan pembacaan puisi dari sastrawan dan kritikus seni terbaik Jawa Timur.

Nanda juga menjelaskan bahwa kajian tentang kebudayaan ini dijadwalkan akan berkelanjutan guna menambah khasanah keilmuan dalam bidang kebudayaan.

“Untuk tahun ini beberapa orang mengusulkan utk mengadakan agenda acara yg bisa menjadi momen lahirnya gagasan kesenian yg baru dari Teater Gapus dan Forum Studi Seni dan Sastra Luar Pagar. Beberapa orang yang bersedia untuk ikut mendukung kegiatan itu diantaranya pak Aribowo (Airlangga University Press), Bu Lina (Magister Fakultas Ilmu Budaya), beberapa sastrawan nasional dan Jawa timur yang ikut membantu diantaranya Mashuri, Ribut Wijoto Indra Tjahyadi, dan Nu’man Anggara, Suryadi, KY Karnanta,” jelasnya.

Saat ditanya tentang garis besar isu kebudayaan yang diangkat dalam acara tersebut, nanda menjelaskan itu sepenuhnya menjadi problem bersama terhadap seni, sastra dan budaya masa kini.

“Sederhananya kita ingin bersama-sama mengkritisi situasi budaya, seni, dan sastra hari ini. Apa yg genting dan asik untuk dilakukan ke depan sebagai komunitas dan kreatif seni,” tambahnya.

Acara yang sepenuhnya didukung oleh Airlangga University Press dan Magister Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, rencananya akan digelar pada kamis 21 Desember 2017, pukul 19.00 di Hall AUP Kampus C UNAIR ini sudah mencapai 80 persen untuk kesiapan acara.

“Sekarang sudah 80%, dan nanti tinggal pelaksanaan hari H, semoga kita mendapat manfaat dan barokah dari acara tersebut agar kita semakin sadar dengan posisi kebudayaan Indonesia,” tandasnya. (doy/tea)

Related posts

Penentuan Siswa Daftar SNMPTN Kewenangan Penuh SMA/SMK

admin

Mahasiswa Unair Ciptakan Implan Tulang Sintetis, Mampu Mempercepat Pertumbuhan Sel

admin

Inovasi Mahasiswa Unair, Kulit Ikan Nila Jadi Pengganti Tulang Rawan Buatan

admin