Teater Gapus Bereksperimen Dengan Naskah Tradisi

Portaltiga.com – Sebagai Teater Kampus teater Gapus tidak henti-hentinya bereksperimen dengan semua pertunjukannya. Terbukti di peghujung Januari kemarin mereka memberi kejutan di depan ribuan pengunjung dengan mementaskan naskah “Jaran Goyang” karya Joko Susilo yang diadaptasi dari cerita Sangkuriang.

Naskah ini memang sengaja dipilih Teater Gapus karena secara garis besar acara Japanese World adalah acara kebudayaan. Mereka berharap melalui naskah yang disajikan ini bisa mengajak para pengujung yang notabenenya anak-anak muda agar tetap perduli terhadap dongeng dan cerita rakyat yang merupakan warisan luhur dari Indonesia.

Pementasan yang memakan durasi 30 menit ini berhasil membuat penonton terpukau dengan suguhan cerita dan tehnik pemanggungannya. Rizwan selaku Sutradara dan Aktor Utama meramu pertunjukan ini dengan sedikit berbeda, karena panggung yang digunakan adalah panggung arena.

“Teater Gapus sudah mempersiapkan kejutan – kejutan di panggung Japanese World 2018, dengan konsep panggung arena, banyak kejutan secara visual yang kami hadirkan tanpa mengesampingkan alur cerita,” tutur Rizwan saat ditemui di sela-sela latihan di Sekretariat Teater Gapus, Selasa (6/2/18).

Rizwan sendiri mengaku dalam proses selama sebulan banyak kendala teknis yang ditemui. Namun semua terbayar dengan apresiasi para penonton Japanese World 2018.

“Kedepannya Teater gapus akan mengeksplorasi kembali cerita-cerita tradisional untuk di buat menjadi suatu pertunjukan teater karena masih banyak cerita-cerita daerah yang populer kini tenggelam tergerus perkembangan jaman,” pungkas Rizwan. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION