Tangkal Kejahatan Internasional, Bandara Juanda Akan Segera Punya Polsek KP 3

05/03/2016
211 Views

3

Portaltiga.com :Sempat terjadi polemik, Pemerintah akhirnya segera mewujudkan berdirinya Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Polemik itu terjadi karena Bandara Juanda merupakan bandara milik TNI Angkatan Laut.

“Semua sudah sepakat di Bandara Juanda, akan didirikan KP3. Karena itu standart bandara internasional,” kata Gubernur Jatim Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Jumat (4/3).

Dijelaskan, pada Kamis lalu seharusnya ada pertemuan untuk membahas pendirian KP3. Namun, pertemuan ditunda Jumat (4/3). “Pertemuan antara Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri Perhubungan, dan Gubernur Jatim terpaksa ditunda karena Menteri Perhubungan tiba-tiba dipanggil DPR,” tegasnya.

Pendirian markas polisi di Bandara Juanda sudah semakin mendesak setelah banyaknya kasus penyelundupan narkoba melalui bandara. Rencananya, di Bandara Juanda akan dibangun markas polisi setingkat Polsek. “Nanti Polsek KP3, ini sudah sepakat tinggal detail teknisnya seperti apa,” ujarnya.

Saat ini, menurutnya, sudah tidak ada lagi polemik. Semua pihak juga telah memahami pentingnya pendirian markas polisi di Bandara. Jika tidak ada perubahan, rencana pembangunan Polsek Bandara Juanda akan didirikan di dekat Terminal 1.

“Bandara Internasional itu hukumnya wajib ada polisi. Angkatan Laut mengamankan wilayahnya, tapi kalau sudah ada narkoba maka kewajibannya polisi,” tutur Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo ini. (Bmw)

Leave A Comment