Tampilkan Pentas Seni Warga RT 07 Japan Asri Tanamkan Kepada Anak Untuk Cinta Indonesia Sejak Dini

Portaltiga.com – Perkembangan teknologi dan hegemoni budaya asing dapat mengikis nilai-nilai kebangsaan generasi muda. Dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 warga Japan Asri menggelar pentas seni untuk kembali menanamkan rasa cinta Indonesia sejak dini.

“Pentas drama Malin Kundang serta beberapa tarian tradisional yang dipentaskan dalam pentas seni oleh ananda kami pada malam tasyakuran kamis (16/8/2012) kemarin, merupakan wujud cinta kepada tanah air kita Indonesia,” terang Karin salah seorang warga RT 07 Japan Asri Mojokerto, Sabtu (18/8/2018).

Karin menambahkan persiapan yang mereka lakukan sangat luar biasa, terutama kesiapan pementasan. Persiapan mereka lakukan selama 1 Bulan, mulai dari pemilihan kostum, dan latihan panggung. Sempitnya waktu karena anak-anak yang mengikuti proses pementasan rata-rata full day sekolah. Namun semua terbantu oleh dukungan dari orang tua yang ingin anaknya pentas.

Usaha dan dukungan mereka terbayar dengan berbagai apresiasi yang datang dari penonton yang hadir diantaranya dari kepala dusun kepindon, Jamal.

“Sampai salut karena ada penampilan tari tradisional yg masih ditampilkan di acara kemarin, saya sudah jarang melihat penampilan seperti pementasan tari tradisional atau drama yang disadur dari cerita rakyat. Sekarang kebanyakan pementasan orkes saja,” ucapnya.

Selain itu warga juga mengadakan berbagai lomba yang melibatkan peserta mulai balita 9 Bulan, anak-anak, sampai ibu-ibu. Diantaranya lomba merangkak bagi balita, menyanyi, memasukkan paku dalam botol, menyanyi, bercerita dan pada hari Minggu (19/8/2018) besok akan digelar bazar serta jalan santai. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION