portaltiga.com
Intermezzo

Tak Bayar Tunjangan Selama 11 Bulan,Pemerintah Cuek Nasib Veteran RI

 

Portaltiga.com:ironis sekali yang dialami oleh para veteran kemerdekaan RI. Para pejuang yang sewaktu mudanya berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah, ternyata di masa tuanya tak diurus oleh pemerintah. Tunjangan sebagai veteran RI yang diterima Rp 700 ribu setiap bulannya ternyata ada30 persen veteran yang belum menerima tunjangan tersebut selama 11 bulan. Yang menyedihkan lagi, tak ada penjelasan apapun dari pemerintah yang penyebab tak dibayarkannya tunjangan veteran tersebut.

“Jumlah veteran di Indonesia ada 150 ribu orang. Di Jatim ada 15 ribu dan di Surabaya paling banyak yaitu 2304 orang,”jelas Ketua Legiun Veteran Ri markas Surabaya, Hartoyik saat mengadu ke anggota DPR RI Bambang Haryo di Surabaya, Sabtu(6/8).

Hartoyik mengatakan pihaknya berharap kepada Bambang Haryo sebagai anggota DPR RI untuk mempertanyakan kepada pemerintah tentang nasib tunjangan bagi veteran tersebut.”Tunjangan tersebut sangat berarti bagi para veteran saat ini,”jelasnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Bambang Haryo mengatakan pihaknya akan mendesak Kementerian Pertahanan untuk segera mencairkan dana tunjangan untuk veteran tersebut.”Mereka sudah berjuang merelakan nyawanya untuk kemerdekaan RI, tapi justru nasibnya tak diperhatikan pemerintah. Tunjangan kok tak diberikan sampai 11bulan. Ini Saya akan tanyakan ke kementerian pertahanan kok sampai ini bisa terjadi. Mereka ini pahlawan bangsa,”jelas politisi asal Partai Gerindra ini.

Tak hanya masalah tunjangan, kata Bambang Haryo, pihaknya akan mendesak pemerintah juga agar memperluas makam-makam para pahlawan, karena saat ini Taman Makam Pahlawan (TMP) mulai menyempit.(Yudhie)