Tahun Depan Cukai Rokok Naik 10,04%

Portaltiga.com – Rencana kenaikan cukai rokok dipastikan mengalami kenaikan sebesar 10,04% Pada 1 Januari 2018 mendatang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan alasan kenaikan cukai rokok mulai awal tahun depan. Pemerintah mempertimbangkan kesejahteraan petani dan juga para buruh pabrik rokok. Kenaikan cukai rokok juga telah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pertama, dari aspek tenaga kerja mereka yang kerja di sektor hasil tembakau dari mulai petani sampai kepada mereka yang kerja di pabrik rokok,” kata Sri Mulyani di sela Peringatan Hari Oeang ke -71 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Di sisi lain, pemerintah juga fokus menjaga kesehatan masyarakat. Dengan kenaikan cukai yang berimbas kepada kenaikan harga rokok diharapkan keinginan masyarakat untuk merokok bisa berkurang. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk mengurangi peredaran rokok ilegal.

“Aspek kesehatan yang terus semakin meningkat, ketiga dari sisi penanganan rokok ilegal. Kalau banyak orang mampu dan banyak bisa dengan mudah produksi rokok ilegal maka semuanya akan alami kekalahan, baik industri, kesehatan,” tutur Sri Mulyani.

Kenaikan cukai rokok juga diharapkan bisa meningkatkan penerimaan negara. Sehingga bisa mengurangi defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Keempat, aspek penerimaan negara. Kita akan tetap mencari keseimbangan di antara keempat itu,” tutup Sri Mulyani. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION