Switch Off, Kolaborasi Shangri-La dan Earth Hour Surabaya

Portaltiga.com – Tahun ini, Shangri-La, Hotel Surabaya bekerja sama dengan Earth Hour Surabaya untuk kali pertama mengadakan kegiatan aksi tahunan Earth Hour yang bertajuk Switch Off 2019 Disconnet2Plastic.

Agenda utama yang dilakukan yakni pemadaman dan pengurangan penggunaan listrik di beberapa titik di dalam hotel, antara lain kamar tamu, restoran, serta area lobi selama satu jam pada pukul 20.30 – 21.30. Serta edukasi untuk generasi muda.

Selain agenda utama tersebut, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai program pendukung antara lain penampilan tari saman; musik akustik; talk show oleh beberapa anak muda berprestasi Surabaya seperti Soraya Ghyna; stand up comedy; puisi; serta shuffle dance.

Semua rangkaian acara tersebut dilangsungkan di area kolam renang pada pukul 19.00 hingga 22.00 Wib yang dihadiri oleh beberapa komunitas di Surabaya, Earth Hour volunteer serta pengunjung dan tamu hotel.

“Ini bukan kali pertama Shangri-La Surabaya melakukan pemadaman satu jam dalam kegiatan Earth Hour, dan tidak saja kita lakukan pemadaman di Poolside seperti malam ini, namun di beberapa restoran juga dilakukan pengurangan pemakaian lampu dan mematikan alat-alat yang menggunakan listrik,” kata Roberto Leone, Direktur Food & Beverage.

Adriana Valianda Tobing, koordinator Earth Hour Surabaya dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Earth Hour pertama kali dilakukan di Sydney tahun 2007 dengan diikuti sekitar 2 juta-an penduduknya yang berpartisipasi dengan melakukan pemadaman lampu yang tidak diperlukan baik dirumah ataupun di kantor.

Setelah Sydney beberapa kota lain di dunia juga melakukan hal yang sama dan di Indonesia di tahun 2009 dan di tahun 2011 di Surabaya.

Dalam kesempatan itu juga Tobing menjelaskan kenapa lampu yang dipadamkan, karena hal yang paling simple yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan lampu bahkan bisa dilakukan oleh anak kecil.

Rangkaian acara yang kali pertama digelar kolaborasi antara Shangri-La Surabaya dengan Earth Hour Surabaya dihadiri sekitar 100 an yang didominasi oleh anak-anak muda. Dipenghujung acara Shuffle Dance tampil menambah semarak acara yang digelar di Poolside Shangri-La. (rgo/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION