Survei Poltracking: Pendukung Jokowi Lebih Memilih Khofifah – Emil Dardak

Portaltiga.com – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terhadap cagub cawagub di Pilkada Jatim 2018. Hasil survei elektabilitas berdasarkan pilihan calon presiden 2019, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak cenderung dipilih oleh para pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bila dipetakan, elektabilitas kandidat berdasarkan pilihan calon presiden, pemilih Jokowi cenderung lebih banyak memilih Khofifah-Emil Dardak (48,8%) dibandingkan memilih Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur,” kata Direktur Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Hotel Sari Pan Pasifik, Sarinah, Jakarta Pusat, seperti dilansir detik.com, Ahad (18/3/2018).

Sedangkan untuk pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno dipilih oleh pendukung Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dengan persentase 47,70%. “Sementara itu, pemilih yang memilih Prabowo lebih banyak milih Syaifullah Yusuf-Puti Guntur dibandingkan memilih Khofifah-Emil,” lanjutnya.

PPP sebagai salah satu partai pendukung Khofifah – Emil Dardak memberikan tanggapan atas hasil survei tersebut. PPP memandang hasil survei tersebut merupakan sebuah jawaban bahwa pemilih di Jatim lebih mengedepankan kemantapan sosok.

“Itulah jawabannya. Ini sebetulnya kan menarik karena di Jatim itu kita kenal provinsi yang sebetulnya nilai-nilai agamisnya kan sangat kuat. Kemudian juga nilai-nilai kaum nasionalisnya juga sangat kuat. Tetapi ternyata termungkinkan bagi mereka untuk memilih bukan yang diusung oleh partainya dalam proporsi yang sangat tinggi,” ujar Sekjen PPP Arsul Sani di kesempatan yang sama.

Seperti diketahui, Poltracking Indonesia merilis hasil survei kepada cagub dan cawagub di Pilkada Jatim. Survei dilakukan pada tanggal 6-11 Maret 2018 kepada 1.200 responden. Metode yang digunakan adalah stratified multistage random sampling dan margin of error +- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei terhadap cagub-cawagub Jatim berdasarkan pilihan Calon Presiden 2019 dengan dua kandidat, Jokowi dan Prabowo:

Pemilih Jokowi

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 48,80%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 13,20%

Pemilih Prabowo

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 40,50%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 47,70%

Tidak Jawab Pilihan Capres

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 26,60%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur: 19,00% (dtc/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION