portaltiga.com
Kabar Kita

Suramadu Macet, Lajur Bayar Tunai Lebih Cepat Daripada Nontunai

Portaltiga.com – Kemacetan yang terjadi di pintu masuk tol jembatan Suramadu, Ahad (31/12/2017) ternyata cukup unik. Lajur antrean bayar tunai malah lebih cepat dari pada nontunai yang menggunakan e-toll.

Salah satu pengendara mobil, Yulinawati menuturkan pengalamannya saat melintas di Suramadu. “Saya masuk antrean di lajur nontunai. Logika saya pasti lebih cepar dari pada yang tunai,” kata perempuan yang biasa dipanggil Lina.

Lina menuturkan, antrean mobil saat itu panjangnya sampai 500 meter. Ia mengambil lajur gerbang nontunai. Namun ia jadi heran ketika antrean gerbang tunai lebih cepat bergerak. Meski demikian ia tidak pindah lajur.

“Saya sengaja tetap di lajur nontunai. Penasaran mengapa yang tinggal nempel kartu kok lama,” ucap perempuan yang berprofesi guru TK ini.

Saat itu antrean tinggal dua mobil, Lina melihat kejadian unik. Mobil Honda Mobilo warnag putih masuk gate. Penumpang di bangku tengah membuka jendela dan menyodorkan uang tunai pada petugas. Beberapa detik kemudian, sopir mobil itu turun dengan tergopoh-gopoh. Ia mencegah penumpangnya menyodorkan uang. Sopir itu menempelkan kartu e-toll. Tapi rupanya belum pernah menggunakannya sehingga sempat terbalik menempelkannya ke mesin. Untung masih ada petugas tol yang membantu.

“Loala, ternyata masih ada yang belum paham dengan pembayaran nontunai. Saya jadi membayangkan, berapa orang yang seperti itu (belum tahu cara membayar nontunai),” katanya sambil tersenyum.

Sedangkan di arah sebaliknya, Bangkalan-Surabaya, juga macet panjang. Salah satu penyebabnya, untuk gerban nontunai hanya ada satu. Itupun antreannya dua jalur sehingga harus bergantian lebih lama.

“Kalau di gate yang tunai itu dua gerbang. Itu belum lagi mobil yang pindah-pindah jalur. Sepertinya memang masih butuh sosialisasi atau petugas pemandu di beberapa meter sebelum masuk gerbang tol ,” ujar Lina. (abi)

Related posts

Pembagian Kartu E-money Untuk Pengguna Jalan Tol Diperpanjang

admin

Tahun Depan E-Toll Tidak Berlaku, Lho?

admin

Kartu E-Money Dibagikan Gratis Hari Ini

admin