Surabaya Tak Ditunjuk PSSI Tuan Rumah Piala AFF U-16 dan U-19, Ada Apa?

Portaltiga.com – Gelaran turnamen Piala AFF U-16 dan U-19 sudah dipastikan diselenggarakan di Jawa Timur (Jatim). Sayangnya, Kota Surabaya yang menjadi ibu kota Jatim tidak kebagian jatah untuk menggelar even internasional tersebut.

PSSI justru menunjuk Kabupaten Sidoarjo dan Gresik menjadi tuan rumah. Ada Apa?. “PSSI yang tahu persis alasannya, karena bukan PSSI Jatim yang menentukan tempat penyelenggaraan piala AFF U-16 dan U-19,” kata Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim, Achmad Riyadh di Surabaya, Selasa (5/6/2018).

Dijelaskan, Asprov PSSI Jatim sudah mengusulkan beberapa tempat penyelenggaraan piala AFF kepada PSSI. Antara lain, Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan Malang. Daerah-daerah tersebut memiliki stadion bagus dan layak dipakai untuk pertandingan internasional.

Namun, PSSI rupanya memiliki penilaian lain terhadap daerah yang disodorkan itu. PSSI lebih condong memilih Sidoarjo dan Gresik sebagai tuan rumah. Surabaya lepas dari pilihan, bukan lantaran tak memiliki stadion bagus.

Di Surabaya, ada dua stadion yang bagus dan pernah dipakai ajang internasional. Satu stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari. Satunya lagi stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Pakal, Benowo.

Dari dua stadion itu, PSSI menganggap stadion Gelora 10 Nopember tidak memenuhi syarat. Sedangkan GBT, stadionnya dinilai layak, tapi sarana penunjang lainnya, seperti akses jalannya tidak memenuhi syarat. “Akhirnya PSSI menjatuhkan pilihan Sidoarjo dan Gresik,” tandasnya.

Turnamen Piala AFF U-19 digelar pada 1-14 Juli dan terbagi menjadi dua grup. Menurut rencana awal PSSI Pusat, grup yang ada timnas Indonesia digelar di Stadion Pakansari Bogor. Sedangkan satu grup lainnya digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Namun karena Stadion Pakansari Bogor menjadi salah venue cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, dan harus steril H-100 menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 yang dibuka 18 Agustus. Maka grup yang berisi timnas Indonesia itu juga digeser ke Jatim.

Untuk venues pertandingan, PSSI Jatim sudah mengajukan Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Stadion Gelora Jaka Samudra Gresik. Kedua stadion ini, telah diverifikasi dan disetujui oleh PSSI Pusat.

“Kami tersanjung dengan penunjukan ini. Meski berat, namun karena ini tugas Negara maka kami tetap akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik,” kata pria yang berprofesi sebagai pengacara ini. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION