Surabaya Akan Hadirkan Tiga Sentra UKM Baru

Portaltiga.com – Dinas Perdagangan Pemerintah Kota (Pemkot Surabaya) berencana membangun tiga sentra usaha kecil menengah (UKM) di Bandara Juanda, Pelabuhan Tanjung perak, dan Park and Ride Mayjend Sungkono.

Kepala Dinas Perdagangan Arini Pakistyaningsih, di Surabaya, Senin, (2/10/2017) mengatakan tiga titik itu akan melengkapi empat titik sentra UKM yang sudah didirikan sebelumnya.

“Kalau saat ini kita sudah punya empat sentra UKM yakni di Sentra UKM MERR, di mall City of Tomorrow, di mall ITC dan juga di gedung Siola,” katanya.

Ia menyebutkan penambahan sentra UKM ini bertujuan untuk mengakomodir semakin berkembangkan usaha kecil menengah di masyarakat yang kian tumbuh.

Menurut dia, mereka yang sudah memiliki produk hasil usaha, membutuhkan tempat untuk bisa memasarkan produk mereka ke pasar. Adanya sentra UKM yang didirikan Pemkot Surabaya ini, lanjut dia, maka akan membantu penjualan dan memangkas biaya produksi untuk sewa tempat berjualan.

“Para UKM minta agar pameran produk tidak hanya sekali setahun, tapi kalau bisa sebulan sekali. Ini menunjukkan mereka memang butuh gelar produk untuk membantu penjualan,” katanya.

Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya Mazlan Mansyur sebelumnya mengusulkan kepada pemerintah kota setempat agar membuka sentra usaha kecil menengah di kawasan ramai atau tepatnya di stasiun kereta api.

Menurut dia, penentuan lokasi sentra UKM harus lebih selektif karena sampai sekarang masih ada beberapa sentra UKM yang masih sepi. “Bahkan setiap hari cenderung tidak didatangi pembeli. Ini salah satunya di sentra UKM MERR,” katanya.

“Kami minta ada pertimbangan khusus, terkait potensi dan hitungan target penjualan di setiap titik,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap jangan sampai sentra UKM sudah dibangun bagus namun ternyata kurang menarik pembeli karena tidak ada pertimbangan yang kuat untuk mendirikan sentra UKM di titik tersebut.

Ia mengusulkan selain di tiga tempat tadi, akan lebih baik di stasiun kereta api juga didirikan sentra UKM. “Di sana jelas ramai, menjadi potensi untuk menjual barang oleh-oleh. Kami mengusulkan di sana didirikan sentra UKM,” ujar Mazlan. (ant/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »