portaltiga.com
Politika

Sungai Meluap, Warga 4 Kelurahan Dievakuasi

Portaltiga.com, SURABAYA – Akibat meluapnya anak sungai brantas serta intnsitas hujan yang cukup tinggi, ribuan warga dari 4 kelurahan di Kecamatan Karangpilang Surabaya, terpaksa dilakukan evakuasi.

Dari pantauan, banjir menggenangi rumah-rumah warga di yang tidak jauh dari bantaran sungai. Banjir masuk perkampungan dan rumah-rumah hingga ketinggian 1 meter.

Empat kelurahan yang terendam, diantaranya Kelurahan Karang Pilang, Kelurahan Kebraon dan kelurahan Kedurus serta Kelurahan Waru Gunung.

Mereka khususnya anak-anak dan usia lanjut, dievakuasi dengan menggunakan perahu ke beberapa balai RW yang aman dari banjir.

Arifin, warga setempat mengaku bahwa banjir kali ini merupakan banjir paling parah sejak 9 tahun terakhir. Akibatnya, warga tak bisa bekerja lagi dan lebih mengurus rumah dengan mengamankan perabotannya.

“Ini banjir paling parah, mas. Biasanya tidak sampai semeter seperti ini.” kata Arifin, (12/2).

“Seluruhnya sudah tenggelam semua. Airnya dari belakang sampai depan, ada ibu-ibu yang udah diungsikan, kalau terus meninggi ya di evakuasi ke balai semuanya. ” sahut Ilham, warga yang lain.

Seikitnya ada 5000 warga yang terdampak banjir akibat luapam anak sungai brantas dari 1500 kepala keluarga.

Mereka dievakuasi sampai banjir tidak lagi menggenangi. (jab)