portaltiga.com
Umum

Sukseskan 5 Pilar Revolusi Kaki Lima, APKLI Gandeng Bank Jatim

Portaltiga.com – Program 5 pilar Revolusi Kaki Lima yang dicanangkan DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) akan tinggal landas. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan APKLI menggandeng Bank Jatim sebagai mitra utama untuk menjalankan 5 pilar Revolusi Kaki Lima tersebut.

Kesepakatan kerja sama Bank Jatim dan APKLI itu dituangkan dalam penandatanganan MoU antara Direktur Utama Bank Jatim, R Soeroso dengan Ketua Umum DPP APKLI dr. Ali Mahsun, M. Biomed di Kantor Bank Jatim Jalan Basuki Rachmaf, Surabaya, Selasa (22/1/2018).

“Prinsipnya Bank Jatim siap membantu UKM, termasuk pedagang kaki lima (PKL). Untuk itu, Bank Jatim menyalurkan kreditnya ke BPR milik kab/kota se Jawa Timur dengan bunga 4%. Kalau dilempar dengan bunga 9% BPR masih dapat keuntungan,” kata Soeroso dalam sambutannya.

Beberapa kesepakatan kerjasama itu diantaranya, Bank Jatim dengan APKLI akan bekerjasama memberikan dan mempermudah pelayanan Kredit untuk Pedagang Kaki Lima di seluruh Jawa Timur dengan sistem tanggung renteng (Gendong Endit). Kedua, bekerjasama memberikan fasilitas kredit Perumahan bagi Pedagang Kaki Lima dengan KPR FLPP (KPR bersubsidi).

Ketiga, Bank Jatim bersama APKLI akan ikut mendampingi PKL pemula baik pengelolaan sampai dengan pemasarannya. Keempat, Bank Jatim bersama APKLI akan memberikan support, bahkan kredit kepada Pedagang Kaki Lima yang berusaha antar provinsi atau lintas pulau.

Kelima, Bank Jatim akan memberikan fasilitas kepada seluruh Pedagang Kaki Lima anggota APKLI apabila akan melakukan pemasaran di luar negeri. “Kerja sama ini, sangat membantu para PKL yang ingin mengembangkan usahanya,” tambah Ali Mahsum yang juga Presiden PKL ini.

Selain kesepakatan kerjasama yang akan dibangun antara Bank Jatim dengan APKLI, dalam kesempatan itu APKLI menganugerahkan Soeroso sebagai Dewan Kehormatan APKLI dengan prosesi memberikan baju Kebesaran APKLI yang diserahkan langsung oleh Ali Mahsum disaksikan sejumlah komisaris Bank Jatim dan pengurus DPD APKLI Jatim.

Selain di Bank Jatim, untuk percepatan program 5 Pilar Revolusi Kaki Lima, Ali Mahsum melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Jatim. Antara lain, Apel Akbar PKL se Kabupaten Pasuruan (19/1) dan Rapat Luar Biasa seluruh DPD Kab./Kota se Jatim di Surabaya (19/1).

Kemudian, menghadiri persiapan HARLAH APKLI ke-25 di kabupaten dan Kota Mojokerto (20/1). “Kami hadir disini untuk memberi semangat dan harapan besar kepada seluruh PKL yang ada di Jatim demi terlaksananya 5 Pilar Revolusi Kaki Lima yang telah di ikrarkan pada Rakernas APKLI di Gunung Lawu Jawa Tengah pada 25-27 Desember 2017,” tegas Ali Mahsum.

Adapun 5 Revolusi Kaki Lima itu sebagai berikut:
1. Revolusi Lahan Usaha dan Perumahan Kaki Lima.
2. Revolusi Keuangan dan Pendanaan.
3. Revolusi Distribusi Barang dan Jasa atau Pergudangan.
4. Revolusi Daya Dukung Informasi dan Komunikasi (IT).
5. Revolusi Pendampingan Kaki Lima. (bmw/tea)

Related posts

Paguyupan PKL Dan UKM Surabaya Kompak Dukung Fandi Utomo Maju Pilwali

admin

DPP APKLI Akan Perjuangkan PKL Dapat Lahan Usaha dan Rumah

admin

APKLI Jatim Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Tata PKL

admin