Sudah Tahu letak 0 KM Indonesia? Ini lokasinya

12/09/2017
20 Views

Portaltiga.com – /Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Sambung-menyambung menjadi satu, itulah Indonesia./

Begitulah penggalan lagu wajib nasional yang berjudul Dari Sabang Sampai Merauke ciptaan R. Suharjo. Dari penggalan lagu tersebut kita bisa tahu bahwa Sabang merupakan ujung barat Indonesia dan Merauke merupakan ujung timur Indonesia.

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya 0 kilometer barat Indonesia tidaklah benar-benar tepat berada di Sabang melainkan ada 15 km lagi kearah barat, yakni sebuah pulau terluar Indonesia bernama Pulo Rondo.
Seperti yang dilansir dari website resmi PPK (http://www.ppk-kp3k.kkp.go.id) yang menyatakan bahwa Pulo Rondo merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan India. Selain itu dikutip dari www.cool4myeyes.com sebuah situs jalan-jalan bahwa di Pulo Rondo terdapat monumen 0 km barat Indonesia yang asli walaupun tidak sebagus tugu 0 km Sabang, karena Pulo Rondo merupakan pulau tak berpenghuni dan hanya dihuni oleh TNI yang menjaga keutuhan NKRI sehingga tidak banyak orang yang tahu mengenai Pulo Rondo ini.

Akses untuk menuju ke Pulo Rondo sangatlah sulit dan tidak semua orang diizinkan untuk memasuki area Pulo Rondo, sehingga sebagai gantinya 0 km barat Indonesia ditetapkan di Sabang, Pulau Weh, yang akses dan sarananya lebih baik dan mendukung.

Tugu O km Sabang tidaklah berdiri sendirian, kembarannya yang terpisah jarak sejauh 8.514 km juga berdiri kokoh sebagai patok akhir wilayah Indonesia sebelah timur, yakni Tugu Kembaran Sabang Merauke. Ya, nama tugu 0 km yang ada di wilayah distrik Sota, Merauke ini memang bernama Tugu Kembaran Sabang Merauke yang diresmikan pada bulan Desember 1994 oleh Bupati KDH TK II Merauke, R Soekardjo. 0 km wilayah timur Indonesia ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Walaupun monumen 0 km Sabang kini dipercantik dan tidak sama lagi dengan kembarannya di Merauke tetapi jika kita melihat bahwa kedua tugu ini saling berkaitan dan patut dimaknai secara mendalam, karena mereka adalah contoh nyata semangat NKRI harga mati. (tea)

Leave A Comment