SSC: Publik Masih Berharap Poros Tengah

Portaltiga.com – Keberadaan poros tengah yang kini dipertanyakan, menurut publik justru diperlukan keberadaannya.

Hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Centre (SSC) menunjukkan bahwa sebanyak 43,9 persen responden sangat setuju apabila poros tengah yang terdiri dari Gerindra, PAN, dan PKS muncul pada kontestasi Pilgub Jatim 2018.

Hanya 17,7 persen responden yang menyatakan tidak setuju atas keberadaan poros tersebut. Sementara, 38,4 persen sisanya memilih tidak menjawab atau menjawab tidak tahu.

Dari 43,9 persen yang setuju tersebut, 50,5 persen responden mengaku menginginkan keberadaan poros tengah agar mereka memiliki lebih banyak pilihan. Sedangkan 25,3 persen menganggap jenuh dengan calon-calon yang sudah ada. 24,2 persen sisanya menganggap keberadaan poros tengah bisa menjadikan Pilgub Jatim 2018 semakin ramai dan seru.

Direktur Riset SSC Edy Marzuki memahami bahwa keberadaan poros tengah bisa memecah kejenuhan yang ada di tengah persaingan antara Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah. Menurut Edy, publik saat ini cenderung menginginkan Gubernur yang notabene baru.

“Saya rasa, pemilih tidak akan tergoda oleh proker yang ditawarkan saja. Figur kandidat juga menjadi penting. Itulah kenapa kemunculan poros tengah ditunggu oleh publik. Akan tetapi, di sisi lain para inisiator poros tengah juga perlu berpikir matang terkait calon yang bisa menjadi pilihan alternative bagi para pemilih nantinya. Paling tidak yang mampu mengimbangi elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah,” jelas Edy, di sela-sela rilis hasil survei SSC di Hotel Yello Surabaya, Rabu (13/12/2017).

Dosen Universitas Yudharta Pasuruan tersebut di sisi lain juga mendorong agar Gerindra, PAN, dan PKS yang sebelumnya disebut sebagai inisiator poros tengah untuk memunculkan keberanian dan mewujudkan poros tersebut.

“Itu demi menjaga marwah partai mereka juga. Meskipun tanpa PKS sekalipun, karena sedang santer disebut bakal memberikan dukungan ke Gus Ipul, saya rasa Gerindra dan PAN lebih dari mampu asalkan mampu mewujudkan sosok calon yang mampu bersaing,” tegas Edy. (abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION