Sore Ini Jokowi Resmi Lantik Khofifah – Emil Dardak Jadi Gubernur dan Wagub Jatim

Portaltiga.com – Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (13/2/2019), akan melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024. Informasi dari Sekretariat Presiden, pelantikan akan digelar sekitar pukul 15.30 WIB.

Selain melantik Khofifah-Emil, Presiden juga akan melantik Fachrori Umar sebagai Gubernur Provinsi Jambi untuk sisa masa jabatan periode 2016-2021, menggantikan Zumi Zola yang terjerat kasus korupsi dan sekarang berstatus terpidana.

Pantauan dua hari belakangan, Istana Kepresidenan tidak melakukan persiapan khusus untuk melaksanakan pelantikan gubernur atau pejabat negara setingkat menteri.

Berdasarkan pengalaman meliput pelantikan gubernur, prosesi diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden soal pengangkatan sekaligus pengesahan, di Istana Merdeka.

Kemudian, gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik, jalan kaki beriringan (kirab) dengan Presiden, Wakil Presiden dan Menteri Dalam Negeri, menuju Istana Negara.

Sepanjang perjalanan dari Istana Merdeka ke Istana Negara yang berjarak sekitar 150 meter, kirab diiringi marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sesampainya di Istana Negara, acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian, Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara membacakan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniawan dipandu Presiden. Lalu, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Sesudah itu, Presiden akan menyematkan tanda pangkat jabatan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur, dan menyerahkan Surat Keputusan Presiden.

Prosesi pelantikan ditutup dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden beserta Ibu Negara, Wakil Presiden, diikuti pejabat tinggi negara seperti Ketua MPR, DPR, DPD, Menteri, Kapolri, Panglima TNI, dan para tamu undangan.

Sekadar mengingatkan, rapat pleno terbuka KPU Jawa Timur, Selasa (24/7/2018), menetapkan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dari proses Pilgub Jawa Timur tahun 2018.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara di tingkat KPU, pasangan Khofifah-Emil mendapat 10.465.218 (53,55 persen) suara masyarakat Jawa Timur.

Perolehan itu lebih banyak dari pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang mendapat 9.076.014 suara atau (46,45 persen).

Di ajang Pilkada Jatim 2018, pasangan Khofifah-Emil Dardak yang mendapat nomor urut 1, diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem.

Sedangkan pasangan Gus Ipul-Puti Guntur yang mendapat nomor urut 2, diusung koalisi PDI Perjuangan, PKB, PKS dan Partai Gerindra. (ssn/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »