Soekarwo: Gafatar Jangan Dibenci

Portaltiga.com – Gubernur Jatim Soekarwo menghimbau masyarakat dan para pemuka agama untuk tidak membenci Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) berikut pengikutnya. Mereka jangan sampai dijauhi dan harus tetap dibina.

“Jangan sampai dijauhi. Pembinaan harus tetap diberikan kepada para pengikut Gafatar agar tidak salah arahn,” katanya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Selasa (12/1).

Seperti diketahui, baru-baru ini muncul gerakan Gafatar. Gerakan ini dianggap radikal. “Stigma Gafatar sebagai gerakan radikal harus dihilangkan, karena akan bisa dijadikan sebagai wadah baru bagi para pemuka agama untuk melakukan dakwah. Mereka harus diajarkan untuk toleransi beragama,” ujarnya.

Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo ini sebetulnya tidak setuju adanya stigma bahwa Gafatar adalah gerakan radikal. Penyebutan gerakan radikal harus dikaji lebih dalam. Apakah Gafatar termasuk gerakan radikal atau hanya sebagai organisasi masyarakat. “Harus kita kaji, tidak bisa langsung di berikan tuduhan bahwa gerakan itu radikal,’ tegasnya.

Untuk mengantisipasi gerakan radikal ada di Jatim, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim tetap menyamakan perlakuan seperti kasus-kasus berbau agama lainnya yakni mendorong kelembagaan agama untuk ikut berperan dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Pembinaan itu dilakukan agar masyarakat yang ikut gerakan radikal dapat kembali ke ajaran agama sesuai yang dianutnya. “Kami dorong lembaga-lembaga agama Islam, Kristen, Hindu, Budha untuk membina,” ujarnya.

Di Surabaya, Erri Indra Kautsar (19), mahasiswa semester V Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dilaporkan menghilang dari rumahnya sejak 17 Agustus 2015. Suharijono. Orang tuanya, mengetahui putranya bergabung dengan Gafatar sejak awal kuliah.

Erri keluar dijemput oleh seorang temannya, yang juga merupakan anggota Gafatar, Bisma Permana. Ia hanya menenteng ransel dan membawa kardus. “Sejak awal kuliah, anak saya menghilang dan dikabarkan gabung Gafatar,” kata Suharijono. (Bmw)

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuuss

JOIN THE DISCUSSION