portaltiga.com
Kabar Kita

Siswa SD Muhammadiyah 18 Belajar Matematika Asyik Bersama Rematika

Portaltiga.com – Matematika selalu dipandang menjadi pelajaran yang sulit oleh siswa. Karenanya, banyak siswa merasa bosan mempelajarinya.

Namun, permasalahan tersebut saat ini bisa teratasi di tangan kreatif mereka yang menamakan diri Rematika (relawan matematika asyik). Mereka bukan hanya sekadar mengajar akan tetapi mereka membuat media inovatif untuk pembelajaran matematika yang membuat matematika lebih mudah dipelajari.

Relawan matematika ini merupakan perkumpulan dari mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya yang merasa terpanggil untuk menjadikan matematika menyenangkan dan asyik untuk dipelajari.

Puluhan produk mereka buat guna menjadikan matematika lebih asyik. Salah satu bentuk kegiatan mereka adalah dengan terjun ke sekolah.

Salah satu yang mereka kunjungi adalah Sekolah Dasar Muhammadiyah 18 Surabaya. Mereka mengajak siswa-siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya untuk bermain dan belajar matematika. Tentu puluhan siswa yang hadir pada kegiatan tersebut sangat antusias.

Produk yang dibuat guna memanjakan siswa-siswa tersebut, diantaranya : DORATIC ( Doodle Train Mathematic ) media pembelajaran matematika untuk diffabel dibuat oleh Latif dan Hera, KOTAMAT (Kotak Matematika) untuk mempelajari FPB dan KPK dibuat oleh Lala dan Presty, KURUNG SAKTI untuk perkalian dan bangun ruang dibuat oleh Lusi, BOPIN (Boneka Pintar media pembelajaran operasi himpunan dibuat oleh Eka, SI LIDA CASE media pembelajaran sistem persamaan linier dua variabel dibuat oleh maulidia, SMART TURTLE media pmblajaran bangun ruang dan bangun datar serta jam sudut dibuat oleh Ekso, PAPIN Aljabar ( Papan Pintar) untuk mempelajari aljabar dibuat oleh Adi dan Abi, SCRAPHMATH (Scraph Matematika) untuk mempelajari bangun datar Anis dan vita, (MEIKATA) Media Kuis Tebak Matematika dibuat oleh Dewi, KARMA (Kartu Matematika) mempelajari operasi bilangan dibuat oleh ;Lusi dan dewi, MERANGKA menara perang matematika penalaran matematika dibuat oleh Zuko dan Sinta, TBC RAFQI ( Trigonometry Brillian Card) kartu cerdas geometri dibuat oleh Razifa.

Dinillah Muizzatin, salah satu siswa SD Muhammadiyah18, mengatakan bahwa ia senang dan asyik bermain sekaligus sambil belajar matematika. Karena dengan permainan matematika yang dibuat oleh kakak Relawan Matematika membuat semakin lebih mudah dipahami.

“Saya senang dan asyik bermain matematika, medianya enak bikin mengerti matematika, dan tidak sulit,“ ujarnya.

Sementara itu, Latif dan Hera, anggota Rematika, mereka mengatakan membuat Doratic (Doodle Train Matehmatic) karena merasa kasihan terhadap anak-anak difabel, karena selama ini mereka kesulitan belajar untuk matematika.

Mereka kemudian memikirkan berbagai cara agar keluar dari masalah tersebut, sehingga muncul ide untuk membuat boneka namun berguna untuk pembelajaran matematika. Sehingga jadilah mereka membuat Doratic. Terlihat boneka yang mereka buat berbentuk kereta, yang tersusun dari bangun ruang bola, tabung, balok, kubus dan kerucut.

Sedangkan Ainul Rofiq, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengaku sangat senang dengan kedatangan para relawan matematika asyik, karena dengan kedatangan mereka yang mebawa media inovasi membuat siswanya di sekolah antusias untuk belajar matematika.

Ternyata siswanya menjadi senang dan lebih menikmati pelajaran yang selama ini mereka anggap sulit.

Sedangkan di lain tempat, Dr dr Sukadiono MM, Rektor UM Surabaya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh prodi matematika, merupakan bagian dari komitmen kampus yang mengusung kampus sejuta inovasi.

Ia mengatakan, sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Relawan Matematika Asyik yang mengusung media inovasi untuk terjun ke sekolah-sekolah mengajak bermain dan belajar siswa. (izzy/abi)

Related posts

Peringati Maulid, Dai Cilik SDM 18 Surabaya Sampaikan Pesan Idola Kid’s Zaman Now

admin

Peringati Hari Pahlawan, Siswa SD Muhammadiyah 18 Laksanakan Upacara Bendera Bersama TNI

admin

SD Muhammadiyah 18 Surabaya Kemah Hizbul Wathan, Semangat Meski Diguyur Hujan

admin