Headline News

Siswa Lakukan Penelitian Bunga Bangkai Yang Tumbuh Di Sekolah

14/11/2017
30 Views

Portaltiga.com – Para siswa SMP Negeri 10 Kota Sukabumi mendadak heboh, lantaran mendapati bunga bangkai (Amorphophallus paeonifolius) atau suweg, bertunas tiga tumbuh di halaman. Tak hanya para siswa yang tertarik, tapi warga sekitar pun juga berbondong-bongong ingin menyaksikan sendiri bunga bangkai tersebut.

Bunga bangkai ini ditemukan pertama kali oleh tukang kebun sekolah yang tengah membersihan halaman. Bunga bangkai ini terbilang cukup unik, karena memiliki tiga tunas dengan warna tunas dengan warna kecokelatan dan hijau serta sudah hampir mekar seluruhnya, dengan tinggi 35 cm dan diameter 15-20 cm.

“Bunga bangkai ini pertama kali ditemukan tukang kebun sekolah yang tengah membersihkan halaman dan pelataran sekolah yang berada di Jalan Saniin, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong pada Minggu (12/11/2017),” kata Kepala SMPN 10 Sukabumi, Agus Mulyana, di Sukabumi, Selasa (14/11/2017).

Untuk mengamankan bunga bangkai, pihak sekolah memasang pagar supaya bunga bangkai itu tidak bisa dipegang. Bunga bangkai pun dimanfaatkan para siswa untuk penelitian.

Mengingat usia rata-rata bunga bangkai ini setelah mekar hanya tujuh hari atau satu minggu, maka setelah mati pihak sekolah akan mengawetkannya untuk kenang-kenangan dan dijadikan bahan penelitian.

Pelajar kelas IX SMPN 10 Kota Sukabumi, Meisya M Farida, mengatakan, baru pertama kali melihat bungai bangkai secara langsung. Biasanya ia hanya melihat di internet, televisi, dan buku pelajaran saja.

“Ini pengalaman pertama saya bisa melihat langsung bunga bangkai dan untuk mengabadikan mbunga bangkaibunomen langka ini saya beberapa kali selfie di lokasi tumbuh bunga yang mengeluarkan bau bangkai itu,” katanya. (ant/tea)

Leave A Comment