Siswa Kelas 4 SDM 18 Surabaya Ikuti Tes Calistung

Portaltiga.com – Siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengikuti Ujian Kompetisi Dasar (UKD) Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) serempak se-Kota Surabaya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 7-8 Agustus 2018. Siswa mendapatkan waktu 120 menit dalam mengerjakan soal-soal Calistung.

Hari pertama, Selasa (7/8/2018) pada pukul 07.00 pagi hari berlangsung dengan semangat yang luar biasa dengan materi membaca dan menulis. Pasalnya, UKD Calistung ini diujikan bagi peserta didik yang duduk di bangku kelas 4, sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung.

Selama ujian berlangsung, siswa terlihat gugup, diantaranya ada yang masih mengamati lembar jawaban, mengamati lembar soal dan mempersiapkan alat tulisnya. Namun, banyak pula siswa yang cepat dan tanggap dalam pengisian kelengkapan data diri dalam lembar jawaban.

Pengawas ruangan juga turut membantu dalam proses pengisian kelengkapan data diri siswa dalam lembar jawaban, hal ini dikarenakan ini pertama kalinya bagi siswa kelas 4 dalam mengikuti UKD Calistung ini.

Adilla Yuniar Praharsanti SPd selaku ketua pelaksana dalam UKD Calistung ini menyampaikan, bahwa serangkaian ujian ini kelak akan mampu melatih siswa pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung selain itu, mempersiapkan para siswa dalam meraih prestasi, sehingga meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION