portaltiga.com
Headline Umum

Sisiri Aliran Sungai Brantas, Petugas Gabungan Lakukan Patroli Buru Ikan Arapaima

Portaltiga.com – Perburuan terhadap Ikan Arapaima Gigas di aliran Sungai Brantas terus dilakukan. Petugas gabungan pun melakukan patroli dengan menyisir sungai di Surabaya. Petugas memburu ikan arapaima yang diperkirakan masih ada di sungai di Surabaya. Perburuan ini merupakan tindak lanjut dari ditangkapnya dua arapaima di Rolak Gunungsari.

Petugas gabungan yang turut berburu adalah Satpol PP Surabaya, Damkar, dan BPB Linmas Kota Surabaya. Mereka melakukan penyisiran di aliran Kali Suroboyo hingga ke Rolak Wedok.

Mengunakan tiga perahu boat, petugas gabungan mencermati setiap titik-titik yang biasanya dijadikan ikan mencari mangsa. Selain melakukan penyisiran, para petugas juga memberikan sosialisasi kepada warga yang saat itu hadir menyaksikan petugas berpatroli.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan jika patroli gabungan ini dilakukan untuk memburu ikan arapaima gigas yang sudah mulai masuk ke sungai di Kota Surabaya.

“Patroli gabungan ini adalah patroli rutin yang kami lakukan setiap minggu. Kemarin ada ikan arapaima gigas tertangkap di Rolak Gunungsari sekalian kami melakukan perburuan,” kata Irvan Widyanto, Rabu (4/7/2018).

Irvan juga menambahkan jika patroli gabungan ini terus dilakukan untuk menjaga ekosistem Kali Surabaya tetap terjaga.

“Ikan ini berjenis perdator dan habitatnya bukan di perairan Indonesia. Untuk itu kami imbau kepada warga Kota Surabaya jika menemukan untuk segera melaporkan ke dinas terkait,” ungakap Irvan.

Sementara itu, Kasie Perikanan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bagas Swadaya menyampaikan patroli untuk mencari ikan arapaima gigas menjadi agenda khusus bersama.

“Dinas kelautan dan perikanan memang mengagendakan secara khusus terkait arapaima. Jadi kemungkinan nantinya berkembangnya wilayah yang kita sisir itu tidak hanya di Ngagel Kayoon ini. Terutama berbatasan dengan sungai yang mau masuk ke Surabaya itu yang kami awasi,” tandasnya.

Hingga kemarin telah ada 21 ikan arapaima yang sudah tertangkap. Diperkirakan masih ada sedikitnya tujuh ikan arapaima berjenis gigas yang masih berkeliaran di Sungai Brantas dan alirannya. (dtc/tea)

Related posts

Ikan Arapaima Ditemukan Kali Surabaya

admin

Siswa Muhammadiyah Wringinanom Belajar flora fauna Di Kali Brantas

admin

Gara-gara Sampah Popok, Dua Perempuan Ini Menuntut 2020 CCTV Terpasang Di Kali Brantas

admin