Semester 1 Omset Toko Modern Mulai Tumbuh

Portaltiga.com-Omset toko modern di Jawa Timur selama semester ke 1 tahun 2017 mulai alami pertumbuhan dibanding pada triwulan ke 1 tahun ini. Dari catatan Asosiasi Penguasaha Ritel Indonesia (Aprindo) JawaTimur, memasuki semester pertama omset toko modern seperti, Supermarket, Minimarket, dan Hypermarket mulai menunjukkan peningkatan.

Ketua Bidang Supermarket Aprindo Jatim, Donny Kurniawan mengatakan, dibanding triwulan ke 1 omset toko modern di akhir semestet pertama tahun ini tumbuh 20-30%.

“Pertumbuhan ini lebih dipengaruhi momen lebaran dan pada akhir Juni kemarin.”ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu (02/08/2017).

Ia menjelaskan, tingginya konsumsi makanan dan minuman serta produk rumah tangga selama ramadhan dan lebaran, mampu mendongkrak pendapatan toko modern selama periode ramadhan. “Momen puasa dan lebaran mengerek omset ritel modern naik hingga 70%, dibanding hari biasanya.”jelasnya.

Donny menambahkan, produk yang palinv banyak dibeli konsumen selama puasa dan lebaran yaitu, makanan dan minuman (Mamin), sembako, alat-alat rumah tangga, serta kebutuhan kuliner lainnya. “Karena saat ini ritel modern juga menyediakan bahan baku kuliner lengkap.”terangnya.

Lebih lanjut Donny mengatakan, untuk nilai rupiahnya kami belum bisa menjawabnya karena setiap toko modern masing-masing berbeda nilanya. Yang pasti, kata Donny, sampai akhir semester pertama tahun ini omset ritel modern naik cukup tinggi yaitu, 20-30 persen.

Saat ditanya soal zonasi Perda minimarket oleh Pemkot Surabaya, Donnya mengatakan, sejauh ini tidak banyak berpengaruh terhadap omset minimarket. Bahkan, memasuki Agustus ini omset dipastikan terus naik terutamata untuk produk minuman dari segala jenis.

“Karena di bulan ini biasanya masyarakat banyak kegiatan Agustusan, ini tentunya akan mendongkrak lebih tinggi lagi omset ritel moder.”ungkapnya. (Trish)

JOIN THE DISCUSSION