Semen Indonesia Salurkan Rp 6,5 Miliar Bagi Pelaku UKM Di Tuban

Portaltiga.com:Dalam rangka memperkuat program pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku Usaha Kecil Dan Menengah di Kabupapten Tuban-Jawa Timur, PT Semen Indonesia menyalurkan dana kemitraan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tuban sebesar Rp.6,5 miliar.

Direktur Utama PT Semen Indonesia, Suparni, mengatakan, dana Rp 6,5 miliar ini akan disalurkan kepada seluruh UMKM mitra binaan Semen Indonesia yang ada di Tuban yang meliputi pelaku usaha di bidang batik, makanan, perdagangan, dan sektor ukm lainnya.

“Untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat melalui UKM,Semen Indonesia menyerahkan bantuan program CSR sebesar Rp 6,5 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Tuban yang akan disalurkan ke 26 Desa dalam 3 Kecamatan di sekitar perusahaan.”ujarnya di sela penandatanganan nota kesepahaman CSR tentang pemberdayaan masyarakat, di Rest Area Tuban, Kamis (10/03/16).

Ia menjelaskan, dari dana bantuan bergulir Corporate Social Responsibility (SCR) Semen Indonesia di Tuban ini, diharapkan dana sebesar Rp 6,5 miliar ini dana produktif yang dapat menciptakan atau membangun enterpreneurship di wilayah Tuban.

“Dari 26 desa di tiga Kecamatan di Kabupaten Tuban, setiap desa akan diberi bantuan dana kemitraan UMKM sebesar Rp 250 juta.”kata Suparni.

Dalam kesempatan kali ini, kata Suparni, Semen Indonesia juga menyerahkan bantuan 1000 paket sembako dalam rangka mendukung kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, dan bantuan perlengkapan pengemasan kepada 40 UKM Binaan Semen Indonesia di Tuban. Saat ini jumlah UKM binaan Semen Indonesia mencapai 16.764 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Program ini juga merupakan bagian dari anggaran CSR Semen Indonesia sebesar Rp 26 milyar di tahun 2016 untuk Kabupaten Tuban.”ungkap Suparni, Direktur Utama Semen Indonesia.

Dalam Nota Kesepahaman antara PT Semen Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Tuban, selain hadir Dirut Semen Indonesia, juga hadir Bupati Tuban, Fathul Huda, dan disaksikan langsung oleh Deputy Bidang Usaha Pertambangan, industri strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menjelaskan, Pemkab Tuban sangat berterima kasih terhadap Semen Indonesia yang mendorong pelaku UMKM dapat berkembang lebih maju, bukan saja di pasar lokal, namun hingga ke pasar Internasional.

Seperti diketahui, tambah Fathul Huda, di Tuban ada 65.000 pelaku UMKM yang bergerak dari seluruh jasa perdagangan. “Dari total 1,3 juta penduduk yang ada di Kabupaten Tuban ini, 5 persennya atau 65.000 penduduknya adalah pelaku UMKM.”kata Bupati Tuban tersebut. (TrishnA)

JOIN THE DISCUSSION