Sekolah Nyaris Roboh, Pelajar SD Jember Belajar di Teras

Portaltiga.com – Rasa Khawatir selalu terbayang di wajah Pelajar SDN Darsono 1, Kecamatan Arjasa, Jember. hal ini lantaran ruangan kelas tempat mereka belajar memiliki atap yang nyaris roboh. Saat hujan, pelajar kelas 4 ini harus pindah ke teras. Karena atap ruang kelas yang mereka tempati bocor.

“Saat hujan, atapnya itu bocor dan siswa terpaksa harus pindah belajar di teras. Untuk pengajuan perbaikan, sudah sering kami lakukan setiap tahun, bahkan dalam kurun waktu satu tahun, beberapa kali kami ajukan permohonan. Tapi belum ada tanggapan dan realisasi. Bahkan arsipnya kami ada,” kata Kasek Titik saat ditemui di lokasi, Senin (18/9/2017).

Kepala Sekolah (Kasek) SDN Darsono 1, Titik Hartatik mengaku sejak bertugas sebagai kepala sekolah bulan September 2012, atap ruang kelas 4 sudah dalam kondisi rusak parah. Bahkan anak didiknya harus duduk tidak jauh dari pintu masuk. Sebab, khawatir sewaktu-waktu atap ruang kelas yang mereka tempati ambruk.

Kasek Titik mengaku beberapa waktu lalu atap ruang kelas itu pernah jatuh dan hampir menimpa salah satu anak didiknya yang sedang belajar di kelas.

“Pernah beberapa waktu lalu itu, eternit (atap ruangan) itu jatuh saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Beruntung siswa kami selamat, hanya menimpa meja belajarnya itu,” ungkap Titik dengan nada prihatin.

Untuk meminta bantuan dari wali murid agar dapat memperbaiki secara swadaya, Titik mengaku tidak memiliki keberanian.

“Saya tidak berani meminta bantuan (wali murid), kan katanya tidak boleh minta-minta seperti itu. Jangankan (untuk perbaikan ruang kelas), untuk menjual LKS saja tidak boleh,” ungkapnya.

Titik mengaku bingung dengan kondisi yang terjadi di sekolahnya tersebut. Namun dia hanya bisa berharap agar ada perhatian dari pemerintah terkait kondisi di sekolahnya itu.

“Guru-gurunya ini ya bingung, mau bagaimana lagi. Saya berharap agar segera diperbaiki,” pungkas Titik. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION