Headline News

SDM 18 Surabaya Kenalkan Astronomi Penentuan Awal Tahun Baru Hijriyah pada Siswa

20/09/2017
77 Views

Portaltiga.com – Menyambut pergantian tahun baru Hijriyah, SD Muhammadiyah 18 Surabaya memberikan edukasi tentang ilmu Falaq (Astronomi Islam) kepada siswa kelas 5 dan kalas 6 yang menempuh pelajaran IPA, Rabu (20/9/2017) pagi.

”Akhir dan awal tahun Hijriyah ini sebagai momentum untuk memberikan pelajaran seputar ilmu Falaq kepada siswa,” ujar Ach Barizi, salah satu guru SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Dalam kesempatan itu, para siswa melakukan simulasi peredaran bulan yang menentukan posisi tanggal baru. “Pengenalan ilmu Falaq sangat penting karena sangat berhubungan erat dengan pelajaran IPA di kelas. Dengan mempelajari dan memperdalam ilmu Falaq, diharapkan dapat meningkatkan keimanan siswa kepada Allah melalui bentuk penciptaan dan keteraturan alam semesta,” kata guru yang akrab disapa Izi ini.

Sebelum melakukan simulasi secara langsung, siswa terlebih dahulu diberi materi tentang bagaimana pergantian tanggal berdasarkan peredaran bulan agar siswa bisa memahami dan praktik dengan benar yang di sampaikan oleh Ketua Prodi Hukum Islam UMSurabaya Gandung Fajar Panjalu, M.Hi.

”Acuan dari Awal tahun baru hijriyah adalah hilal atau bulan, berbeda dengan penanggalan masehi yang memakai matahari sebagai acuan. Bulan baru (1 Muharram) di tandai oleh munculnya bulan, walau keberadaannya hanya 1,0° karena Acuan yang dipakai adalah Wujud Hilal / Adanya Hilal,” kata Fajar. (humas sdm18/abi)

Leave A Comment