SDM 18 Surabaya Gelar Pemetaan Tilawati, Calistung dan Psikologi PPDB 2019-2020

Portaltiga.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019-2020 tengah berlangsung. Berbondong-bondong puluhan calon siswa siap memasuki gerbang sekolah baru bagi mereka.

Demi meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah, SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengadakan pemetaan untuk calon peserta didik baru di tahun ajaran 2019-2020, pada hari Sabtu (4/5/2019).

Panca Indrawati, S.Pd selaku ketua pelaksana PPDB tahun ajaran 2019-2020 memaparkan serangkaian tes yang digelar untuk pemetaan diantaranya tes Tilawati, Calistung (membaca, menulis dan berhitung) dan Psikologi.

“Sedangkan tes Tilawati secara langsung diuji oleh Tim Ismuba, untuk tes Calistung, calon peserta didik baru mendapatkan lembar observasi berisi berbagai macam soal yang menarik. Calon peserta didik baru akan mendapat arahan dari asatidz sebagai penguji, begitu pula dengan tes psikologi,” imbuhnya.

“Tes ini diadakan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, baik dari segi kurikulum dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai,” ujar Cahyo Iswahyudi, S.Pd selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Tidak hanya calon peserta didik baru yang mendapat tantangan baru melalui serangkaian tes ini, melainkan juga untuk para calon wali murid (orang tua siswa) turut mengikuti tes observasi orang tua.

“Tes tersebut, berisi seputar latar belakang calon peserta didik, hubungan dengan orang tua dan hal-hal perlu diketahui sekolah tentang karakteristik siswa baik dalam lingkungan keluarga dan sekitarnya. Sifatnya lebih ke sharing and caring tentang anak,” ujar Yuyun Naifah, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION