SD Muhammadiyah 18 Surabaya Rayakan Tahun Baru Islam 1440 H

Portaltiga.com – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1440 hijriyah, SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengadakan beraneka ragam lomba bernuasa Islami.

Kegiatan yang bertemakan “Semangat Literasi” ini diikuti oleh seluruh siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Mereka dengan kompak memakai busana serba putih ini pada Senin (10/09/18) pagi hari, bertempat di halaman sekolah.

Pawai Muharram, membuka semangat siswa di pagi hari dengan diiringi musik patrol. Siswa-siswi menyanyikan lagu Mars Muhammadiyah dan Hymne SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Siswa tampak bergembira dan antusias. Tidak lupa, siswa juga merentangkan lebar-lebar poster bergambar islami dan ucapan “Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1440 Hijriyah” di sepanjang jalan.

Lomba yang diadakan bernuasa Islami ini mendapat perhatian yang luar biasa. Pasalnya, hampir seluruh siswa kelas 1 – 6 ikut aktif dalam perlombaan. Beragam lomba yang digelar antara lain mengurutkan rukun iman dan islam, membaca puisi islami, bercerita kisah Islami, membuat kaligrafi, dan membuat kartu ucapan tahun baru hijriyah.

“Lomba mengurutkan rukun Islam ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sedangkan untuk lomba mengurutkan rukun Iman diikuti oleh seluruh siswa kelas 2 yang bertempat di ruang kelas dan aula” ujar Nur Fadhilah, S. Pd selaku ketua pelaksana kegiatan.

Kreativitas, inovasi, keberanian tampil di depan umum serta sikap percaya diri melengkapi tampilan lomba. Salah satunya lomba bercerita kisah Islami.

Damar Fadhilah Koto, siswa yang duduk di bangku kelas 4 ini mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam perlombaan, khususnya bercerita kisah Islami. Membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri agar tidak mengurangi semangat untuk bercerita di depan umum.

Adapula tausiyah singkat yang disampaikan oleh Ust. Fajrul Ats Tsauri, S. HI seputar makna peringatan Tahun Baru Islam, di era sekarang ini.

Menurut Cahyo Iswahyudi, S. Pd selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya acara untuk menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah ini bermaksud memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang nilai-nilai kebaikan yang terus menerus disampaikan melalui syiar dakwah islam, mengenalkan sejarah penanggalan tahun baru islam dan membentuk karakter siswa yang santun dan kreatif. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION