SD Muhammadiyah 18 Surabaya Rayakan Milad ke-49

Portaltiga.com – Merayakan milad ke-49, SD Muhammadiyah 18 Surabaya menggelar serangkaian acara yang berlangsung di halaman sekolah, pada 15-16 Desember 2018. Mulai dari jalan sehat, market and talent day, parenting, kado terindah untuk ayah bunda hingga hari kesetiakawanan sosial.

Hari pertama, ratusan siswa yang terdiri dari kelas I – III dan orang tua siswa mengikuti kegiatan jalan sehat dengan lengkap memakai atribut pakaian daerah/tradisional guna mengenalkan beragam budaya yang ada di Indonesia.

Beberapa diantara orang tua dan siswa pun menyiapkan dagangan yang akan diperjualbelikan dan dikemas dalam stand bazar. Mereka menjajakan beragam kuliner khas tradisional seperti Gethuk, Bubur Madura, Es Manado, hingga Lumpia.

Tidak hanya berwirausaha, siswa juga menunjukkan bakat dan aksinya di atas panggung. Setiap kelas wajib menampilkan sesuatu yang menarik seperti menari, menyanyi hingga teater di hadapan orang tua serta tamu undangan yang datang.

“Siswa mempersembahkan kado terindah untuk ayah dan bunda yang telah dipersiapkan selama sepekan sebelum kegiatan ini berlangsung. Siswa mempersembahkan sebuah lagu untuk Ayah dan Bunda di kelas masing-masing yang kemudian diberikannnya kartu ucapan yang telah dibuat dan dihias oleh siswa sendiri pada saat di sekolah” ujar Baroroh Berlian Novantika, S.Pd

Kegiatan persembahan kado terindah untuk Ayah dan Bunda sebagai wujud rasa cinta dan sayang siswa kepada orang tua mereka sekaligus untuk merayakan peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018 nanti.

Hari kedua, ratusan siswa kelas IV hingga VI serta orang tua mereka juga memenuhi halaman sekolah
tidak berbeda jauh dari hari sebelumnya. Pada pagi hari, siswa dan orang tua masing-masing ikut serta dalam kegiatan jalan sehat.

Beberapa diantara mereka sudah siap menjajakan jajanan tradisional yang mereka tata dengan menarik di stan bazar yang telah dihias lekat dengan balutan suasana dan tema budaya tradisional, ada Madura, Jawa Tengah hingga Papua.

Terselip momen haru pada saat persembahan kado terindah untuk Ayah dan Bunda. Beberapa diantara siswa kelas 4 tampak terlihat menangis ketika iringan instrumen lagu Bunda milik penyanyi Melly Goeslow ini diputar dengan dibacakannya sebuah puisi berjudul Biarkan Ia Menjagaku yang dibacakan oleh salah satu guru kelasnya.

“Perjuangan bunda, kasih sayangnya hingga saat ini dan selamanya tidak pernah sia-sia untukku” ujar Abbiyu Alfath Khayatullah, siswa yang duduk di bangku kelas 4 ini sambil meneteskan airmatanya.

Selain itu, untuk merayakan Hari Kesetiakawanan Sosial yang diperingati pada tanggal 20 Desember 2018 ini, SD Muhammadiyah 18 Surabaya berbagi sembako kepada warga sekitar sekolah yang telah berjasa dan membantu menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan sekolah. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »