SD Muhammadiyah 18 Surabaya Juarai Gladen Ageng Jemparingan Tingkat Nasional

Portaltiga.com – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangkalan adakan Gladen Ageng Jemparingan Tingkat Nasional dalam memperebutkan piala Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang berlangsung pada hari Minggu (2/12/2018) bertempat di Lapangan Tembak KODIM 0829 Kabupaten Bangkalan.

SD Muhammadiyah 18 Surabaya mengikutsertakan peserta didiknya yang tergabung dalam ekstrakurikuler panahan sebagai perwakilan untuk berlaga dalam ajang perlombaan Gladen Ageng Jemparingan Tingkat Nasional yang memperebutkan kejuaraan panahan dengan kategori panahan tradisional jemparingan.

Perlombaan yang diadakan pada pukul 08.00 – 16.00 WIB ini diikuti oleh ratusan peserta dengan mengenakan pakaian adat dan wajib memakai udeng atau ikat kepala. Kategori pilihan yang dilombakan pun terbagi menjadi tiga. Ada Dewasa Putra/Putri (33m), Remaja Putra/Putri (20m) dan Anak Putra/Putri (15m).

“Selama perlombaan berlangsung tampak terlihat persaingan yang sengit dari masing-masing kategori dalam memperebutkan kejuaraan panahan jemparingan tradisional ini. Terlihat raut wajah yang tengah serius dari Muhammad Haidar Al Firdausi ketika membidik sasaran dengan anak panah miliknya,” ujar Muhammad Zainuddin, selaku guru pendamping.

Siswa yang duduk di bangku kelas 5 itu, tampak tegang. Pasalnya, perlombaan ini merupakan lomba tingkat nasional yang memperebutkan piala Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Namun ketegangannya sirna ketika Ia berhasil melesatkan arah panahnya dan memperoleh nilai 4 poin.

Berbeda dengan Firdaus, temannya yang juga duduk di bangku kelas 5 yang bernama Nada Savira Safitri terlihat lebih santai. Ia berhasil memperoleh nilai 5 poin. “Alhamdulillah, lega sekali. Bisa ikut serta melestarikan budaya jemparingan ini. Pengalaman yang berharga ikut dalam ajang tingkat nasional,” terang Nada.

Semangat dan usaha mereka pun tidak sia-sia. Keduanya meraih juara pada kategori anak-anak sebagai peraih penghargaan titis 1 Kategori anak putra : Muhammad Haidar Al Firdausi dan titis 1 Kategori anak putri : Nada Savira Safitri. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION