portaltiga.com
Headline Umum

Satlantas dan BNNK Gresik Tes Urine, Satu Sopir Bis Positif Narkoba

Portaltiga.com – Tes urine dadakan di gelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik bersama BNNK Gresik di terminal Bus Bunder, Selasa (17/12/2019), puluhan sopir yang diperiksa untuk tes urine oleh petugas gabungan, satu sopir positif memakai narkoba jenis sabu-sabu.

Petugas gabungan memeriksa satu persatu sopir yang transit di terminal Bunder. Terlihat dalam proses tes urine, para sopir didampingi satu petugas untuk memastikan urine yang dipakai milik sopir itu sendiri.

Setelah melakukan tes dua kali yang dilakukan petugas BNNK kabupaten Gresik, sopir berinisial SP yang diketahui mengemudikan trayek bus jurusan Surabaya – Semarang kedapatan memakai narkoba jenis sabu-sabu saat menjalani tes urine.

Yoyon Eko Purwanto salah satu petugas BNNK Gresik mengatakan ada puluhan sopir bus dalam dan luar kota yang diperiksa tes urine ini. Satu sopir telah didapati mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

“Puluhan sopir bus yang kami tes. Satu sopir positif narkoba, kami tadi melakukan tes dua kali kepada sopir yang positif itu, ternyata memang positif narkoba. Bahkan, kita tes dengan alat berbeda. Karena awalnya habis minum obat. Saat ini diinterogasi petugas polisi,” kata Yoyon Eko Purwanto.

BACA JUGA: Polres Gresik Tangkap Pasutri Penyedia Prostitusi Online

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menyatakan pihaknya sengaja melakukan tes urine kepada sopir bus untuk meminimalisir kecelakaan akibat sopir yang kedapatan memakai narkoba maupun minuman keras.

Memurutnya, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka persiapan Ops Lilin Semeru 2019 menjelang liburan natal dan tahun baru 2020 sekaligus ingin memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman.

“Kita ingin masyarskat merasakan kenyamanan dan aman. Kegiatan ini dalam rangka Operasi Semeru 2019, jelang liburan Natal dan tahun baru 2020 sekaligus meminimalisir kecelakaan,” kata Kusworo.

Mantan Kapolres Jember itu menambahkan, selain melakukan tes urine, petugas juga memeriksa kesehatan sopir oleh tim kesehatan, juga memberi multivitamin.

“Ada sekitar 15 sopir yang kami lakukan tes urine, ada satu sopir yang kedapatan positif. Kita amankan dan diinterogasi, juga periksa kesehatannya. Dia (Sopir) ngaku sudah seminggu memakai narkoba jenis sabu-sabu,” ujar Kusworo.

Terpisah, Kasatreskoba AKP Heri Kusnanto menambahkan dari pemeriksaan sementara, pelaku terindikasi pemakai narkoba jenis sabu-sabu.

“Tentu akan kita periksa lanjut, dia mengaku sudah seminggu lalu memakai narkoba,” ungkap Heri Kusnanto di terminal Bunder. (tbk/abi)

Foto: Tim gabungan Satlantas Polres Gresik dan BNNK Gresik saat melakukan tes urine kepada sopir bus di terminal Bunder Gresik.