Sambut Siswa Baru, SD Muhammadiyah 18 Surabaya Terbangkan Balon Cita-cita

Portaltiga.com – Halaman SD Muhammadiyah 18 Surabaya pada hari Kamis (11/7/2019) pagi tengah dipadati ratusan orangtua wali murid yang menemani putra-putrinya untuk memulai tahun ajaran baru yang duduk di bangku kelas 1 ini.

Penyambutan siswa baru ini merupakan serangkaian program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) tahun ajaran 2019-2020 yang bertemakan “Achieve your dreams for bright future”.

Menariknya, seluruh guru dan karyawan kompak menggenakan seragam dan atribut yang melambangkan cita-cita. Ada yang lengkap beratribut Hakim, Polisi, Dokter, Perawat, Tentara, Jurnalis, Pengusaha, Designer dan masih banyak lainnya.

Dalam proses Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru kelas 1 ini disambut dengan meriah, ceria penuh warna, antusias dan semangat yang luar biasa.

Para siswa memakai busana muslim bebas dengan dilengkapi atribut sebuah topi bergambar yang melambangkan kelas masing-masing. Ada kelas 1 fruits, plants dan vegetables.

Kepala Sekolah Cahyo Iswahyudi, S.Pd mengatakan MPLS pada hari pertama dibuka dengan sesuatu yang baru, berbeda dan inspiratif.

“Kami membuat sesuatu yang baru. Seluruh halaman dihiasi balon, penuh warna seperti taman bermain sekaligus rumah bagi siswa. Menerbangkan balon yang dipenuhi dengan tulisan siswa mengenai cita-cita mereka. Adanya balon cita-cita yang diterbangkan di langit, tujuannya agar siswa tumbuh dengan semangat yang ceria dan besar harapan siswa rajin belajar untuk menggapai cita-cita,” tutur dia.

Selama masa pengenalan siswa juga tampil mandiri dan berani saat memperkenalkan diri di depan teman-temannya dan bercerita tentang liburan di sekolahnya.

Ahsan Ismail Salim, siswa kelas 1 vegetables ini sangat antusias dan semangat saat bercerita tentang liburan sekolahnya, “Saya liburan ke Kebun Binatang Surabaya. Disana, saya melihat ada harimau, jerapah, beruang madu dan masih banyak lainnya,” kata dia.

Penyambutan siswa baru pun, ditandai dengan diterbangkannya balon cita-cita dengan dipenuhi kertas kecil bertuliskan cita-cita siswa disertai dengan suara letupan kecil yang berasal dari potongan-potongan kertas berwarna-warni (confetti).

Seluruh siswa pun merasa senang, mereka bersorak dan memandangi langit. Setelah itu, siswa kembali ke kelas masing-masing dengan didampingi wali kelasnya.

Kegiatan MPLS ini akan berlangsung selama 1 minggu. Siswa akan mengenal lingkungan sekolahnya yang baru, kegiatan dan tata tertib di sekolah. (mitha/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION