Sambut Peringatan Hari Santri, UINSA Gelar Bedah Buku Islam Nusantara Karya Prof. H. Nur Syam

Portaltiga.com – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) menggelar bedah buku karya guru besar bidang sosiologi UINSA, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si, dalam menyambut puncak perayaan hari santri yang jatuh pada 22 Oktober 2018 mendatang.

Terdapat beberapa buku yang dibedah dalam acara ini. Salah satunya adalah buku berjudul ‘Islam Nusantara berkemajuan: Tantangan dan Modernisasi Agama’.

Nur Syam menjelaskan, bukunya kali ini ingin menunjukkan bahwa Islam Nusantara bukan sebuah aliran baru dalam agama Islam.

“Sebab dalam teologis, secara ritual tidak ada yang krusial membedakan, sama seperti Islam di Eropa, Timur tengah, Islam Amerika,” ujar Nur Syam saat ditemui usai bedah buku di Ruang Amphitheater Twin Tower Lantai 3 UINSA, Rabu (12/9/2018).

Ia juga menjelaskan, adanya perbedaan terhadap Islam Nusantara hanya terletak pada tradisi output looking.

“Misalnya dalam hal berpakaian, dalam tradisi-tradisi yang mungkin tidak dikenal di Timur-Tengah,” jelas mantan Sekjen Kemenag RI periode 2014-2018 ini.

Ia juga menilai Islam Nusantara sebetulnya sudah tidak perlu diperdebatkan dengan skala yang berlebihan, dan lebih mengutamakan bagaimana proses beribadah kepada Allah SWT.

“Supaya Energi kita tidak habis pada persoalan yang sebenarnya sudah clear,” pungkasnya. (tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION