Sambut Bulan Bahasa, Prodi Sastra indonesia UINSA Akan Usung Tema Ini

Portaltiga.com – Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) akan menggelar kegiatan tahunan Festival Bulan Bahasa UINSA 2019. Dalam kegiatan ini Prodi Sastra Indonesia akan menggelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sastra dan kebahasaan.

Panitia pelaksana Festival Bulan Bahasa UINSA 2019, M. Atiqurrahman menjelaskan, dalam Festival Bulan Bahasa tahun ini Prodi Sastra Indonesia UINSA akan mengusung tema Sastra dan Film di Era Milenial.

“Kita ingin mengangkat ikhwal tentang pertemuan antara sastra dan film. Seperti kita ketahui bahwa sejarah film di indonesia itu kan sebenarnya berasal dari sastrawan, seperti pada film perang siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail yang memiliki basic sebagai sastrawan,” Jelasnya saat ditemui di Prodi UINSA, Rabu (31/07/2019).

Dipilihnya tema Sastra dan Film menurut Atiqurrahman menjadi hal yang penting mengingat di Era Milenial seperti sekarang ini telah lahir banyak film yang berasal dari karya sastra.

Untuk itu perlu adanya sumbangsih dari Jurusan Sastra Indonesia UINSA guna semakin meluaskan ruang lingkup sastra yang selama ini mungkin hanya sebatas menjadi buku atau antologi sastra.

“Sebenarnya antara sastra dan Film itu sudah akrab sejak dulu, setelah periode Usmar Ismail ada Sumandjaja, ada penulis Ada Apa Dengan Cinta itu kan juga berasal dari sastrawan,” tuturnya.

Rencananya Festival Bulan Bahasa UINSA akan digelar pada bulan September 2019. Dalam Festival itu akan dihadirkan berbagai macam lomba berkaitan dengan penulisan karya sastra dan Film. Para siswa SMA se-jawa Timur diharapkan dapat turut serta dalam berbagai lomba yang akan digelar.

Di puncak acara juga akan digelar seminar Eksistensi Sastra dalam Perfilman di Era Milenial. Tak tanggung-tanggung, Pembicara yang dihadirkan dalam seminar kali ini yakni Garin Nugroho yang telah banyak melahirkan film besar di Indonesia. Selain itu juga akan menghadirkan aktor berkualitas Kedung Darma Romansha. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION