Sambang Blitar, Khofifah Nikmati Pecel dan Jamu Beras Kencur

Portaltiga.com – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa menyambangi para pedagang pasar tradisional Wlingi, Kabupaten Blitar, Rabu (21/2/2018). Kedatangan Khofifah disambut kumandang salawat oleh puluhan pengamen.

Tanpa canggung sedikit pun, Khofifah langsung menyapa dan berbaur dengan pedagang pasar. Mantan Menteri Sosial itu juga menyempatkan bersantap nasi pecel yang menjadi ikon kuliner tradisional masyarakat Blitar.

Alumnus FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu begitu lahap menyantap pecel.
Ia menutup makan paginya itu dengan menikmati segelas jamu beras kencur.

Setelah itu, Khofifah mengobrol dengan pedagang. Khofifah  lebih banyak dengan pedagang wanita. Kendati demikian tidak sedikit pedagang laki-laki yang turut mengerumuninya.

“Yang tahu masalah dapur itu kan perempuan. Terutama terkait harga kebutuhan pokok dan ketersediaan kebutuhan pangan. Makanya ngobrolnya dengan ibu-ibu,” ucap Khofifah.

Dalam kesempatan itu Khofifah juga menyinggung nasib pasar tradisional di tengah gempuran pasar modern. Cagub yang berpasangan dengan Emil Dardak itu menerima pengaduan sejumlah pedagang yang mengeluhkan tata ruang di Pasar Wlingi.  Pemisahan lokasi Pasar Wlingi dari pasar hewan, dianggap telah menjadikan penyebab para pembeli sepi. (tim/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION