Sakit ISPA dan Pegal Linu Tertinggi Dalam Baksos PWI Jatim di Blitar

Portaltiga.com  – Kegiatan bakti sosial (baksos) yang digelar PWI Jatim di Kota dan Kabupaten Blitar, berakhir sudah. Selama tiga hari baksos digelar, telah ditemukan dua jenis penyakit tertinggi, yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan pegal linu.

Pelaksanaan baksos berupa pengobatan umum, gigi dan pemberian obat-obatan gratis di Kota dan Kabupaten Blitar, 15-17 Maret. Baksos dilaksanakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Jatim 2018 dan HUT ke-72 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Blitar, Miftakhul Huda didampingi Pelaksana Harian Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV-Indosiar, Windry Prasetia Rini, ISPA disebabkan bakteri dan virus. Pola penyebaran dan penularannya lewat udara.

Sedangkan pegal linu yang banyak ditemukan dalam baksos, bisa disebabkan karena faktor usia dan pekerjaan. “Secara umum, pegal linu banyak dialami kita yang berumur 40 tahun ke atas,” ujarnya.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis UW, yang hadir dalam baksos menyampaikan ucapan terima kasih terselenggaranya bakti sosial ini, karena banyak pengetahuan kesehatan dari hasil konsultasi dengan para dokter. “Bahkan kesehatan warganya menjadi lebih meningkat,” ucapnya.

Baksos di Kota dan Kabupaten Blitar merupakan kegiatan kesehatan massal ke tujuh, hasil kerjasama antara PWI Jatim, PWI Blitar Raya, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten Blitar, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV-Indosiar dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Selama tiga hari pelaksanaan baksos di Kelurahan Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar dan di Desa Kebonagung, Kecamatan Wonodadi serta Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, dikatakan Ketua HPN Syaiful Anam dan Sekretaris PWI Blitar Raya, Arif Juli Prabowo, warga sangat antusias memeriksakan kesehatannya.

PWI Jatim berencana menggelar baksos ini dalam setiap kali HPN, karena memiliki tujuan baik. Sebelumnya baksos dilaksanakan di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Sumenep Madura.

“Baksos ini  memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat, dalam kaitannya agar masyarakat meningkatkan keluarga hidup sehat,” tambah Wakil Ketua PWI Jatim Bidang Pendidikan, Ainur Rohim. (bmw/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION