Rumah Sakit Terapung Universitas Airlangga Tiba di Pelabuhan Gresik

Portaltiga.com – Kehadiran Rumah Sakit Pendidikan Terapung  “Ksatria Airlangga” di Pelabuhan Gresik disambut meriah oleh para petinggi Universitas Airlanga.  Acara ini dihadiri oleh para petinggi Kampus seperti: Ketua IKA UNAIR Drs. Ec. Haryanto Basoeni, Ketua Yayasan Ksatria Medica Airlangga (YKMA), pengelola RST, Dr. Christrijogo Sumartono, dr., Sp.An.KAR., didampingi Sekretaris YKMA dr. Suwaspodo Henry Wibowo,Sp.An., MARS, Dr. Rosmala Pratiwi, Sp.B., dr. Agus Haryanto, SpB (konseptor rumah sakit terapung), dan Helda staf YKMA.

Dalam acara penyambutan tersebut, dr. Agus Haryanto, SpB , menginformasikan bahwa nantinya RST ini memiliki misi pelayaran dan pengabdian medis.

“Semoga kapal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pelayaran akan berjalan dengan lancar,” ungkap konseptor RST Ksatria Airlangga ini.

Sebelumnya, kapal RST ini melakukan start pelayarannya dari tempat pembuatan kapal di Galesong, Kab. Takalar Sulawesi Selatan, pada tanggal 9 September 2017 kemarin dan tiba di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur di hari Jumat (15/9/2017)

Bentuk Rumah sakit terapung ini mengadopsi bentuk dari kapal pinishi yang disulap menjadi rumah sakit.

RST Ksatria Airlangga Berangkat dengan enam awak kapal, dengan perbekalan logistic dan obat-obatan yang mencukupi, proses perjalanan kapal RST (Rumah sakit terapung) menghabiskan bahan bakar sebanyak 3.000 Liter bahan bakar , dengan tahap awal inreyen kapal Kesatria Airlangga mengarungi samudra dengan kecepatan 6 – 7 Knot (70 % dari kecepatan yang mampu ditempuh).

“Tak ada hambatan atau kendala yang ditemui selama pengarungan kapal RST (Rumah sakit terapung) hanya guncangan ombak besar setinggi 2-3 meter yang menyebabkan tiang layar bagian belakang jatuh”, tegas Mudasir kapten kapal.

Nantinya selama di gresik kapal RST Ksatria Airlangga ini akan melengkapi diri dan beberapa fasilitas peralatan medis rumah sakit. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »