RSUA Punya Sarana Lengkap Tangani Corona, Ning Lucy: Masyarakat Tenang Saja

Portaltiga.com – Anggota Komisi IX DPR RI Dra Lucy Kurniasari mengecek langsung kesiapan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya dalam menangani virus corona, Jumat (6/3/2020). Lucy pun mengimbau masyarakat tak perlu resah sebab RSUA memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk menangani wabah ini.

Dipilihnya RSUA ini, menurut dia karena menjadi salah satu rumah sakit rujukan Pemerintah Kota Surabaya untuk menangani pasien yang diduga terjangkit virus mematikan itu.

Politisi Partai Demokrat ini didampingi anggota DPRD Jatim dr Agung Mulyono, disambut langsung oleh Direktur RSUA, Prof Dr Nasronudin, dr., Sp.PD-KPTI, FINASIM beserta jajaran direksi.

“Kami ke sini (RSUA) Surabaya dalam rangka reses sekaligus meninjau langsung kesiapan dalam menangani jika ada pasien yang terindikasi virus Corona,” katanya saat di Tropical Disease Center, Unair, Surabaya.

Ning Lucy, sapaan akrabnya ini langsung diajak ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dilanjut berkeliling di ruang isolasi yang disediakan rumah sakit satu lantai ini. “Kami juga ingin tahu alurnya, mulai pasien itu masuk hingga ke ruang isolasi,” terangnya.

Disampaikan Ning Lucy, para dokter serta fasilitas di RSUA sangat siap melakukan penanganan. Hal ini lantaran beberapa masyarakat mengalami kepanikan terhadap virus Corona.

“Kelebihan RSUA ternyata sudah mempersiapkan satu lantai khusus bilamana ada pasien yang terindikasi. Jadi masyarakat tenang saja, jangan resah,” imbuhnya.

Ning Lucy dari Dapil Surabaya-Sidoarjo ini juga menegaskan bahwa kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah telah bekerjasama dengan baik. Hal ini membuktikan rumah sakit telah mempersiapkan secara baik.

“Kami patut mengapresiasi dan mendorong agar supaya RS Unair ini jadi percontohan bagi rumah sakit lainnya,” pungkasnya.

Senada, anggota DPRD Jatim dr Agung Mulyono sangat mengapresiasi RSUA dalam menangani kasus virus Corona. Baik peralatan maupun tenaga medis, RSUA ternyata sudah lengkap.

“Sungguh di luar dugaan, ternyata persiapan RS Unair ini luar biasa. Kelengkapan sarana dan prasarana perawatan sangat lengkap,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Sebab itu, dr Agung Mulyono, mengimbau agar masyarakat Jatim tidak ikut-ikutan panik. RSUA telah siap memberi penanganan jika ada yang terjangkit virus corona.

“Bahkan RSUA sudah menjalin kerja sama dengan BPBD dalam hal penanganan awal jika ada yang terduga. Masyarakat silakan datang untuk memastikan flu biasa atau corona. Terpenting, jangan perlu panik,” pesan alumnus Fakultas Kedokteran Unair ini.

Sementara itu, Direktur RSUA Prof Dr Nasronudin mengatakan, Universitas Airlangga telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi merebaknya virus corona.

“Tim itu terdiri dari lembaga penyakit tropis, para pakar virus dan para pakar laboratorium dari RSUA,” kata Nasronudin

Ia meminta masyarakat untuk tidak ragu memeriksakan diri ketika mengalami gejala panas, batuk, dan sesak napas.

Apalagi, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Pemerintah Kota Surabaya mendukung penuh dan menanggung semua biaya pengobatan.

“Karena dokter yang merawat sudah ada, rumah sakitnya juga sudah ada. Ditambah lagi Pemkot juga memfasilitasi masyarakatnya,” ujar Nasronudin.

Menurut dia, RSUA telah menyiapkan fasilitas lengkap, mulai dari ruangan observasi hingga ruangan isolasi berskala internasional, sesuai standar yang diterapkan World Health Organization (WHO).

“Jadi, bagi pasien yang masih diobservasi, pasien yang diawasi, di-suspect, atau pun pasien yang sudah dikonfirmasi terdiagnosis virus corona, kami siap,” ujar dia.

Ia pun meminta masyarakat segera melakukan pemeriksaan di RSUA apabila merasakan gejala-gejala seperti batuk, pilek, nyeri kepala dan sesak napas.

Warga Surabaya diminta berinisiatif untuk segera melakukan pemeriksaaan ke rumah sakit.

“Kepada masyarakat kami menyarankan apabila memerlukan rumah sakit, salah satunya RSUA, siap memfasilitasi baik untuk pelayanan maupun untuk mengantisipasi hal-hal yang lain,” kata dia.

RSUA telah terbukti mampu menangani penyakit-penyakit infeksius atau menular. RSUA juga diklaim memiliki dokter dan perawat yang berpengalaman.

Karena itu, apabila ada masyarakat ingin memeriksakan gejala virus corona, ia menegaskan RSUA siap memberikan pelayanan hingga tuntas.

“Intinya kami melaksanakan semua penugasan dan kami tidak akan menolak orang untuk perawatan dan pemeriksaan, Unair siap untuk bisa menerima,” katanya. (fey/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »