portaltiga.com
Umum

Ribuan Warga Saksikan Pawai Bunga Surabaya Vaganza

Portaltiga.com – Bertajuk Surabaya Vaganza, pawai bunga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Surabaya yang ke-725 dipadati ribuan warga. Mulai pagi hari warga kota Surabaya sudah mulai bergerombol dan berkumpul di jalan protokol yang akan dilalui oleh 83 peserta kendaraan hias.

Peserta pawai bunga yang dilepas langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  melintasi Jl Pahlawan – Jl Raya Darmo – Gunernur Suryo dan finish di Taman Bungkul. Selama pawai berlangsung tiap jalur yang dilalui akan dikawal oleh beberapa petugas.

Moment pawai bunga ini merupakan salah satu agenda tahunan yang dinanti oleh sebagian masyarakat Surabaya. Mereka bisa menyaksikan kreatifitas peserta yang ikut dalam menghias kendaraan mereka.

Abdullah dan keluarga warga asal Bangkalan Madura antusias datang untuk menyaksikan pemberangkatan peserta pawai di Jalan Pahlawan.

“Saya sudah dari tadi pagi jam 5.30 tadi. Saya bersama keluarga naik mobil dari Bangkalan untuk liat acara pawai ini. Hampir tiap tahun saya mengajak anak istri selalu datang melihat pawai ini,” ucap Abdullah.

Berbagai penampilan dan atraksi dari peserta Surabaya Vaganza itu sangat diapresiasi oleh Unicef. Gunilla Olson, Kepala Perwakilan Unicef untuk Indonesia mengatakan semua penampilan dari peserta Surabaya Vaganza itu sangat bagus dan sangat fantastis. Dari acara ini, sangat terlihat jelas bahwa Bhinneka Tunggal Ika di Kota Surabaya benar-benar terwujud.

“Penampilannya sangat bagus dan fantastis. Ini sebuah gambaran bahwa Bhinneka Tunggal Ika benar-benar terjadi di Kota Surabaya. Bu Risma juga sangat patut dijadikan teladan di Indonesia ini, karena menunjukkan perhatian khusus kepada anak-anak, terutama anak-anak yang berpartisipasi menjadi peserta dalam Surabaya Vaganza ini,” kata Gunilla setelah menyaksikan semua penampilan dan atraksi dari peserta Surabaya Vaganza.

Wanita asal Swedia itu juga memastikan masa depan Kota Surabaya sangat cerah, terutama apabila memperhatikan anak-anak, terutama dalam pembangunan perekonomiannya. Sebab, mereka akan menjadi masa depan Surabaya di kemudian hari.

Sementara itu, Wali Kota Tri Risma memastikan bahwa agenda Surabaya Vaganza itu akan menjadi agenda tahunan yang bisa “dijual” di luar negeri, sehingga akan menjadi destinasi wisata saat pelaksanaannya. “Kami juga sengaja meminta semua kelompok dan komunitas yang terdiri dari berbagai suku dan etnis untuk ikut serta dalam Surabaya Vaganza ini, karena mereka juga tinggal di Surabaya,” katanya.

Di tegaskan Tri Risma, Kota Surabaya sudah memasuki usia yang ke-725 tahun. Usia tersebut tidaklah muda lagi. Pastinya, banyak hal yang telah dilewati, dimana banyak pejuang-pejuang lahir di kota ini. Di usia Surabaya yang sudah dewasa ini, ia berpesan untuk selalu bersikap dewasa dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi untuk tidak egois.

“Kota ini adalah kota perjuangan. Maka dari itu saya mohon kepada seluruh warga Surabaya untuk tidak boleh mengenal kata menyerah, dan putus asa. Dan tidak boleh lari kalau ada masalah. Mari kita hadapi dan selesaikan masalah secara bersama-sama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma juga berpesan untuk terus memegang teguh budaya gotong-royong, meskipun saat ini Kota Surabaya sudah menjadi Kota Metropolitan. Dengan budaya gotong-royong itu, maka Surabaya bisa membangun dan berpretasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Pada Bulan Juni nanti, Kota Surabaya akan mendapatkan penghargaan Lee Kwan Yeuw Award. Jadi, saya minta kepada warga Kota Surabaya untuk terus gotong-royong, karena itu menjadi pusaka yang menjadikan Kota Surabaya bisa sejajar dengan kota-kota lain di dunia,” imbuhnya.

Ia juga berpesan, jika ada tetangga yang tidak bisa makan atau merasa kekurangan, warga diminta agar tidak merasa acuh dan egois. Setidaknya bisa disampaikan ke pihak terkait agar bisa diteruskan ke pemerintah kota. Karena Pemkot Surabaya telah menyiapkan berbagai program dalam upaya mensejahterahkan warganya.

“Selamat hari jadi untuk Kota Surabaya, dan selamat hari jadi untuk warga Surabaya yang saya cintai,” pungkas dia.(doy/abi)

Related posts

Ultah Surabaya, Warga Dapat Kado Bebas Denda PBB

admin