Headline News
Motor Trail Honda Laris Manis (November 18, 2017 2:54 pm)
Karangan Bunga Lucu Untuk Setnov Dirusak (November 18, 2017 2:18 pm)
Setya Novanto Dapat Karangan Bunga Lucu (November 18, 2017 1:02 pm)
Ini Dia Manfaat Kecambah Bagi Tubuh (November 18, 2017 11:52 am)

Ribuan Burung Beradu Kicauan Berebut Pakde Karwo Cup VII

22/10/2017
65 Views

Portaltiga.com – Sebanyak 2.600 peserta mengikuti lomba burung berkicau Piala Gubernur Jatim Pakde Karwo Cup VII di halaman Kampus Universitas Surabaya (Ubaya) Jalan Tenggilis, Ahad (22/10/2017).

Lomba ini resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jatim, Fattah Jasin, Ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Jatim, Herry Sugiono, Pembina PBI Brigjen (purn) W.S. Soeprojo.

“Dalam amanat Pak Gubernur bahwa pelestarian burung di Jatim agar terus ditingkatkan, karena lomba burung berkicau dapat meningkatkan perekonomian kerayatan dan juga mendongkrak kunjungan pariwisata di Jatim,” ujar Fatta Jasin yang mewakili Gubernur Soekarwo (Pakde Karwo).

Lebih lanjut dikatakan, fenomena penangkaran burung berkicau tersebut jika dikelola dengan baik, maka bisa menguntungkan secara ekonomis, meningkatkan pendapatan masyarakat, bahkan sangat prospektif sebagai ajang bisnis.

Oleh Karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat pencinta burung berkicau agar ikut mengawal dan meningkatkan kegiatan penangkaran burung.

Di beberapa daerah misalkan saja di Medan, untuk Burung Murai Batu sudah langka. Demikian pula Burung Jalak di Bali, termasuk yang ada di sekitar kita seperti Burung Gereja dan Burung prenjak sudah jarang ditemui.

Lomba burung berkicau ini merupakan salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat dalam rangka memberikan makna pada aspek pelestarian lingkungan dan sumber daya hayati.

“Lomba burung berkicau tidak hanya melestarikan penangkaran dan budi daya burung berkicau, tetapi juga mampu memberikan motivasi dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan khususnya burung berkicau agar tidak punah,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PBI Jatim Herry Sugiono mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Provinsi Jatim ke-72. Pesertanya dari Samarinda, Ujung Pandang, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Bogor, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Malang, dan Balikpapan.

Herry Sugiono menambahkan, ada 49 kelas yang dilombakan diantaranya kelas Grahadi dilombakan untuk jenis Burung Punglor Merah, Cucak Hijau A, Cucak Hijau B, Cendet, Kenari, Black Throay/Elde Sanger Blacken/ Blacksang, Pai Ling/ Sanma/ Sonca, Love Bird, Cucak Jenggot/Kapas Tembak dengan tiket Rp150 ribu.

Kategori terakhir adalah kelas Special Ring untuk jenis Burung Punglor Kembang Ring, Cucak Rowo Ring, Murai Batu Ring, dan Kacer Ring dengan tiket sebesar Rp100 ribu.

Kelas Pakde Karwo untuk jenis Burung Punglor Merah A dan Punglor Merah B dengan tiket sebesar Rp600 ribu, kelas Hari Jadi Provinsi untuk jenis Burung Punglor Merah, Cucak Hijau, Kacer, Murai Batu, Cendet, Love Bird.

Untuk total hadiahnya juara I sebesar Rp15 juta, juara II sebesar Rp10 juta, juara III sebesar Rp7 juta, juara IV sebesar Rp3 juta, dan juara V sebesar Rp2 juta. (abi)

Leave A Comment