Resmikan Gedung Baru, DPRD Surabaya Undang Anak Yatim Buka Puasa Bersama

Portaltiga.com – DPRD Kota Surabaya kini telah memiliki gedung baru yang terletak di belakang gedung lama Dewan di Jalan Yos Sudarso, Surabaya. Peresmian gedung baru itu digelar pada Selasa (21/5/2019) dengan beragam acara selama peresmian berlangsung.

Salah satunya adalah dengan menggelar buka bersama sekigus santunan anak yatim piatu. Ribuan anak yatim dari beberapa panti asuhan di Surabaya diundang.

Gedung baru ini selain akan menambah luas gedung dewan, juga akan berpotensi pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Sebelum dimulai, acara peresmian gedung baru dan santunan anak yatim piatu ini diawali dengan beberapa hiburan rakyat. Mulai dari lawakan yang dibawakan oleh  beberapa anggota pengamanan dalam (pamdal) DPRD Surabaya hingga tari-tarian.

Hadir dalam acara ini, seluruh anggota DPRD Surabaya, Sekretaris Kota (Sekkota) Hendro Gunawan, jajaran formpimda Pemkot Surabaya, paguyuban Tionghowa dan perwakilan masyarakat Surabaya.

Ketua DPRD Surabaya Armuji menjelaskan, gedung baru wakil rakyat Surabaya ini sudah selesai dibangun. Interior gedung delapan lantai sudah dilelang. Sehingga satu bulan ke depan pengerjaan interior sudah selesai.

“Dan gedung ini bisa ditempati, pada saat pelantikan anggota baru pun (tanggal 24 Agustus 2019) semuanya sudah tersedia,” jelasnya.

Politisi yang terpilih sebagai anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024 ini mengatakan, gedung baru bisa ditempati menunggu selesainya pengerjaan interior. Jika cepat selesai, maka anggota dewan lama sudah bisa nempati.

“Tapi kalau masih belum selesai, maka gedung ini dipersiapkan untuk anggota dewan yang baru nanti,” ucapnya.

Meski begitu, Cak Ji, sapaannya, tetap mengupayakan agar anggota lama bisa merasakan menggunakan gedung dewan yang baru. “Tetap kita usahakan agar secepatnya bisa ditempati oleh anggota lama,” ungkapnya.

Gedung baru ini terdiri dari delapan lantai. Ada delapan ruang fraksi. Ruangan masing-masing fraksi sama, yakni berukuran 8 x 16. “Jadi tidak ada bedanya nanti besaran ruangannya meski satu fraksi hanya terdiri dari empat orang, fraksi yang anggotanya paling banyak sekalipun ruangannya tetap sama,” katanya.

Semua alat kelengkapan dewan, ruang badan musyawarah (banmus), badan anggaran (banggar), badan legislatif (banleg) ada di gedung baru. Termasuk ruang komisi menempati gedung baru. “Terima tamu dan hearing otomatis ada di gedung baru,” jelasnya.

Cak Ji mengatakan, meski gedung baru ini sangat luas, namun tidak akan ada ruang pribadi anggota dewan. “Untuk ruang pimpinan dan rapat paripurna tetap menempati gedung lama, kemudian sekretariat dewan di gedung lama juga,” tukasnya.

Sekkota Hendro Gunawan menjelaskan, pembangunan gedung baru ini melalui proses pengajuan anggaran yang cukup lama. Setidaknya butuh waktu tiga tahun untuk merealisasikan gedung berlantai delapan ini.

“Pembangunan gedung ini cukup berdarah, usulan tiga tahun baru terlaksana. Ini berkat kerja keras pak Armuji,” ujaranya.

Hendro berharap gedung baru ini bisa lebih membawa manfaat. Sebab, tugas anggota dewan sangat berat. Salah satunya mendengarkan aspirasi masyarakat yang dapat membawa kemaslahatan untuk warga Surabaya.

“Semoga di gedung baru ini dapat bekerja lebih baik dan lebih nyaman, sehingga masyarakat Surabaya terlayani dengan baik. Dan segala kepentingan legislatif berjalan lancar dan sukses,” tandasnya. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION