Renungan Suci Makam Pahlawan Surabaya, Listrik Padam 10 Menit

Portaltiga.com – Dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, Pemprov Jatim salah satunya akan menggelar Renungan Suci dan Apel Kehormatan tepat pada tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Sepuluh November Mayjend Sungkono, Surabaya.

“Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Renungan Suci dan Apel Kehormatan tahun ini yaitu tempat pelaksanaan yang biasanya di TMP Kusuma Bangsa sengaja dipindahkan ke TMPN Sepuluh November Mayjend Sungkono,” demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai di Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110, Surabaya, Jumat(16/8/2019).
Aries sapaan akrab Karo Humas dan Protokol Pemprov Jatim menjelaskan, pemindahan penyelenggaraan Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimaksudkan agara semua TMP dapat diberikan penghormatan yang sama. Ke depan, kegiatan ini juga akan diselenggarakan secara bergiliran di TMP yang berada di Surabaya untuk tingkat Provinsi.

“Kita perlu berbangga karena Jatim diberikan amanah untuk memiliki TMP nasional yaitu TMPN Sepuluh November. Sedangkan, provinsi lainnya selain Jatim yang juga memiliki TMPN salah satunya yakni Jawa Tengah,” urai Aries.

Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut Aries, pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 akan dilakukan pemadaman listrik sekitar 10 menit untuk mengheningkan cipta di radius sekitar 100 meter dari area TMP. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim menghaturkan maaf sebesar-besarnya bagi masyarakat, pemilik bangunan dan perumahan yang berjarak sekitar 100 meter dari TMPN Sepuluh November Mayjend Sungkono.

“Pemadaman akan dilakukan sekitar 10 menit dalam rangka renungan suci untuk menghormati para pahlawan kita,” ujar Aries sembari menegaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan gladi dan skenario pemadaman sejenak selama 10 menit antara pukul 00.00 sampai dengan 00.10 pada tanggal 17 Agustus 2019.

Aries menambahkan, atas nama panitia besar HUT ke-74 kemerdekaan RI Provinsi Jatim menyampaikan permintaan maaf pada seluruh masyarakat. Ia berharap, pada saat jam yang sama semua masyarakat dapat mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang para arwah pahlawan yang telah memerdekaan Republik Indonesia.

“Semoga pada jam tersebut kita semua bisa ikut mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, karena berkat jasa merekalah kita dapat terus membangun bangsa dan Negara hingga saat ini,” pungkas Aries.(fey/fey)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION