portaltiga.com
Headline Umum

Rawat Keberagaman, AHY Dirikan Overlanding Indonesia

Portaltiga.com – Rajin berkeliling Indonesia sejak 2017, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pendiri dan pembina AHY Foundation, tergerak untuk mendirikan komunitas Overlanding Indonesia pada 30 Desember 2020. Komunitas ini untuk mewadahi orang-orang yang gemar menjelajahi Nusantara untuk lebih mengenal dan mencintai alam serta masyarakat Indonesia yang budayanya beranekaragam.

“Tujuan komunitas ini untuk menjalin dan mengikat tali persaudaraan sesama warga bangsa, sekaligus merawat keberagaman Indonesia,” kata AHY (31/12/2020).

“Kegiatannya antara lain safari nusantara menggunakan kendaraan darat, wisata kuliner, menjelajah alam Indonesia, camping, bantuan sosial, lingkungan dan pendidikan serta kesehatan,” imbuhnya.

AHY mengaku terinspirasi oleh keanekaragaman alam dan budaya di setiap tempat yang ia kunjungi. Sampai akhir 2020 ini, AHY sudah mengunjungi 34 provinsi dan lebih dari separuh kabupaten dan kota diseluruh Indonesia. Ia menggunakan transportasi udara, laut dan darat termasuk kendaraan kegemarannya, jip double cabin. “Saya ingin berbagi pengalaman dan cerita betapa indah dan besarnya Indonesia,” kata AHY.

Sebagai pendiri komunitas Overlanding Indonesia ini, AHY menunjuk Renville Antonio, penggemar otomotif dari Surabaya sebagai ketua umum. Secara bertahap, Overlanding akan dikembangkan untuk punya cabang-cabang di semua provinsi dan berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Komunitas ini tidak hanya bagi para pemilik kendaraan bermotor yang ingin menjelajahi Nusantara, tetapi juga bagi para fotografer, traveller, camper, pehobi komunikasi radio, pencinta kuliner, serta pencinta alam dan lingkungan. “Mereka yang kebetulan tidak punya mobil tapi ingin keliling Nusantara, bisa mencari tumpangan pada anggota yang punya mobil dan bisa memberi tumpangan. Jadi ada aspek kebersamaan dan gotong royong di sini,” kata AHY.

Peminat bisa bergabung dengan mengirimkan email ke: overlandingindonesia@gmail.com, menyertakan nama, tanggal lahir, alamat, profesi dan motivasi bergabung dengan komunitas ini.

AHY menegaskan bahwa komunitas ini independen, non-partisan. “Justru melalui Overlanding Indonesia ini, kita rehat sejenak dari hingar bingar politik. Komunitas ini tidak mengenal perbedaan identitas. Siapapun, mencintai dan bertekad menjaga Indonesia, akan kami sambut hangat,” ujar AHY.

Ketua Umum Overlanding Indonesia Renville Antonio.

 

Sementara itu Renville Antonio, Ketua Umum Overlanding Indonesia mengaku siap mensupport niat baik dari AHY untuk menjalin silaturahmi keliling Indonesia. Serta untuk lebih menghargai kekayaan alam dan budaya Indonesia, komunitas Overlanding Indonesia juga akan menyalurkan bantuan kemanusiaan pada kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

“Dengan demikian, Overlanding Indonesia tidak hanya bermanfaat bagi anggotanya, tapi juga membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat yang dilintasi atau dikunjungi,” jelas Renville.

Semakin sering keliling Indonesia, kata Renville, kita semua akan tahu betapa kaya, beranekaragam, indah dan besarnya Indonesia. “Maka dengan komunitas Overlanding Indonesia ini, kami berharap masyarakat, khususnya generasi muda, makin termotivasi untuk merawat keberagaman Indonesia sebagai wujud syukur pada Tuhan yang Maha Esa,” pungkas Renville yang juga anggota komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ini. (abd/abi)

Related posts

AHY Paparkan 14 Prioritas Partai di Depan Seribu Kader Demokrat Tuban

admin

​Target Indonesia Emas 2045, AHY Ajak Anak Muda Jadi Agen Perubahan

admin

Tak Hanya Antarkan Undangan, AHY Juga Dialog Soal Indonesia Agar Lebih Baik

admin