Headline News

Rawan Banjir Besar, DPRD Jatim Dorong Pemprov Keruk Waduk Semando Babat

24/11/2016
202 Views

 

Portaltiga.com:Untuk mengantisipasi adanya banjir tahunan yang sering melanda di daerah Gresik, Lamongan dan Tuban, DPPRD Jatim mendorong dilakukan pengerukan massal di daerah Kali Lamong dan beberapa sungainya sepanjang aliran sungai Bengawan Solo. Tak hanya itu, pihak legislatif juga mendorong adanya pengerukan maksimal di waduk Semando di daerah Babat.

“Sudah berulang kali saya dorong ke Dinas Pengairan Jatim untuk melakukan pengerukan di waduk Semando. Posisi waduk tersebut sangat vital sebagai antisipasi banjir tahunan limpahan dari Jateng,”ungkap anggota Komisi D DPRD Jatim Makin Abas saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (24/11).

Makin Abas mengatakan selain waduk tersebut, pengerukan di daerah Kali Lamong juga harus dilakukan mengingat sepanjang aliran sungai Kali Lamong juga terdampak banjir tahunan. Makin lalu menyebut beberapa daerah yang menjadi langganan banjir tahunan tersebut antara lain Mantup, Kesamben, Ngimbang, Sukorame dan Balongpanggang.

Sementara itu, Kadis PU Pengairan Jatim Dahlan mengatakan pihaknya sudah mengajukan ke pusat untuk pembiayaan pengerukan massal tersebut.”Kendalanya masalah biaya karena sudah saya ajukan tahun lalu dan targetnya selesai tahun ini. Namun, sampai sekarang belum turun juga dananya. Pemerintah tampaknya belum ada anggaran untuk itu,”tandas mantan Kadis PU Binamarga Jatim ini. (Yudhie)

Leave A Comment