Rajab, BMH Berbagi untuk Kampung Pemulung

Portaltiga.com – Komitmen Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dalam upaya entaskan kemiskinan semakin dikuatkan. Melalui Program berkelanjutan, BMH terus bertekad menjadi jembatan bagi para dermawan untuk menebar manfaat bersama keluarga Dhuafa, terlebih di bulan Rajab yang berkah ini.

Program ini dilaksanakan Ahad, (17/3/2019) di Kampung Pemulung Keputih Tegal Surabaya dengan beberapa agenda kegiatan. Pertama, Silaturahim dan Kajian Keislaman yang diisi oleh Dai Tangguh BMH Ustadz IhyaUlumuddin.

Kajian yang berlangsung 30 menit ini membahas tentang pentingnya mencari nafkah yang halal dan thoyib. “Pemulung itu tidak perlu rendah diri dan malu. Asal memulung dengan benar dan tidak mencuri, insya Allah berkahdan halal untuk keluarga,” ungkap dai asal Pasuruan ini.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan untuk 250 orang penerima manfaat yang terdiri dari Paket Sembako Berkah untuk 150 keluarga pemulung dan Paket Perlengkapan Sekolah untuk 100 santri Rumah Qur’an kampung pemulung.

Imam Muslim, Manager Program dan Pemberdayaan BMH Jatim menyampaikan, program ini bukan yang pertama kali diadakan di sini. “BMH menjadikan Kampung Pemulung ini sebagai Kampung Berkah Mandiri yang merupakan program binaan integrasi,” katanya.

“Melalui Program Pendidikan dan Dakwah BMH telah membangun mushola untuk ibadah warga masyarakat sejak tahun 2013 silam. Rumah Qur’an untuk anak-anak keluarga pemulung yang sebagian juga menjadi pemulung kecil kami siapkan, agar mereka tidak buta huruf Al-Qur’an dengan kegiatan inti belajar membaca Al-Qur’an,” papar dia..

“Selain itu, Program Sosial Layanan Kesehatan juga kami hadirkan bagi keluarga pemulung disini agar selalu sehat dan tidak sakit-sakitan,” pungkasnya.

Sementara itu, Slamet (40 th), pemulung yang sudah 21 tahun menempati Kampung Pemulung, mengaku bahagia dan senang adanya perhatian dari BMH. “Aku seneng cak, BMH perhatian bola-bali gawe acara gawe warga Kampung Pemulung nek kene (aku suka mas, BMH perhatian dan sering adakan kegiatan di sini),” ungkapnya.(mustofa/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION